Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Langkah Kemenhub Atasi Macet Akibat Proyek di Tol Japek

Kementerian Perhubungan tengah merumuskan jalan keluar guna menekan kemacetan yang terjadi di tol Jakarta-Cikampek (Japek) akibat pembangunan Proyek Strategis Nasional seperti tol elevated, kereta api cepat, dan LRT Jabodebek.
Kepadatan lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek/Antara-Risky Andrianto
Kepadatan lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek/Antara-Risky Andrianto

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan tengah merumuskan jalan keluar guna menekan kemacetan yang terjadi di tol Jakarta-Cikampek (Japek) akibat pembangunan Proyek Strategis Nasional seperti tol elevated, kereta api cepat, dan LRT Jabodebek.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi bersama pihak terkait pun menggelar Rapat Koordinasi Terpadu Gabungan pembahasan rencana aksi penanganan kemacetan tol Japek pada Minggu (11/11).

Budi mengtakan ada beberapa hal yang dibahas dalam rapat tersebut yaitu aspek manajemen rekayasa lalu lintas, penindakan kendaraan Over Dimensi dan Over Loading (ODOL), pengawasan kendaraan truk dan kelengkapannya yang berhenti di pinggir jalan ruas tol JORR E2, serta aspek manajemen proyek.

"Selain itu,  juga pelibatan Dirjen Perkeretaapian untuk koordinasi pekerjaan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), serta akan ada evaluasi periodik per minggunya oleh tim Adhoc dari Bina Marga,” ujar Dirjen Budi dalam keterangannya, Minggu (11/11/2018).

Mengenai Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL)  kata dia, akan dilakukan pembagian lajur yaitu lajur 1 dan 2 untuk kendaraan truk golongan III-V, sementara lajur 3 dan 4 untuk kendaraan golongan I-II. 

Terkait MRLL, pihaknya juga mengubah semua imbauan menjadi larangan, serta penambahan area pemberlakuan aturan ganjil genap di GT Tambun. 

"Dan juga kami siapkan Transjabodetabek Premium di GT Tambun sebagai kompensasi,” ujar Dirjen Budi.

Terkait ODOL di tol Japek akan dilakukan penambahan frekuensi pengawasan serta perubahan metode penindakan ODOL. “Jika ditemukan pecah ban atau patah as akan ditilang, jika memang hal tersebut karena ODOL kemudian diturunkan muatannya dan dikeluarkan di pintu
tol terdekat. Biaya akan dibebankan kepada operator truk,” jelasnya. 

Selain itu, lanjutnya, akan dipasang Timbangan Elektronik Weigh in Motion (WIM) di lajur utama tol untuk mengidentifikasi apakah truk yang melintas melanggar ODOL dan jika teridentifikasi maka truk akan langsung dikeluarkan di pintu tol terdekat.

Sementara mengenai manajemen proyek akan dilakukan sinkronisasi metode pekerjaan dan window time untuk masing-masing proyek yang dikendalikan dan dilaporkan oleh Konsultan MK secara periodik kepada Tim AdHoc dengan alokasi waktu yang disesuaikan. 

Tidak hanya itu, namun juga akan diberikan sosialisasi kepada masyarakat berdasarkan hasil sinkronisasi pekerjaan proyek (minimal H-7 pekerjaan) menggunakan media sosial, Variable Message Sign (VMS), media digital dan dilakukan penambahan serta kepatuhan penempatan rambu selama pekerjaan konstruksi berlangsung dan penambahan petugas pengaturan lalu lintas oleh tim proyek.

Di sisi lain, masyarakat berharap dengan adanya rencana aksi penanganan kemacetan tol Japek ini akan mengurangi kemacetan yang terjadi. Beberapa waktu lalu masyarakat sering mengeluhkan akibat pembangunan di tol Jakarta-Cikampek yang menyebabkan kemacetan parah. 

Melalui rencana penanganan dan sinkronisasi pekerjaan dari Pemerintah akan memperlancar sekaligus mempersingkat waktu tempuh perjalanan.

Sehari sebelumnya, Kementerian Perhubungan juga telah melakukan rapat mengenai hal yang sama pada Sabtu (10/11) yang dipimpin oleh Budi Setiyadi dan General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta Cikampek Raddy R. Lukman. 

Dalam rapat perdana tersebut dibahas cara penanganan dan dampak ODOL di tol Japek, evaluasi paket kebijakan penanganan lalu lintas tol Japek, dan operasional mobil angkutan barang ruas tol Japek. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper