Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cicil Apartemen Bisa Menjadi Alternatif Bayar Sewa

Kebutuhan orang untuk bermobilitas di tengah kota sangatlah tinggi, sehingga tak jarang mereka yang tinggal di kota penyangga, seperti Bodetabek memilih menyewa hunian di tengah kota Jakarta.

Bisnis.com, JAKARTA - Kebutuhan orang untuk bermobilitas di tengah kota sangatlah tinggi, sehingga tak jarang mereka yang tinggal di kota penyangga, seperti Bodetabek memilih menyewa hunian di tengah kota Jakarta.

Namun, kini pasaran sewa hunian di Jakarta dengan lokasi strategis, dan memiliki fasilitas keamanan tergolong tinggi, banyak yang mencapai angka Rp5 jutaan per bulan.

Property Investment Advisor Synthesis Development Andreas Pangaribuan mengatakan tak jarang pilihan sewa membuat berat mengeluarkan sejumlah nominal tersebut. Sehingga dia menilai solusi cermat yang bisa dilakukan yaitu dengan membeli apartemen.

"Jika kita visioner, sebenarnya uang yang dikeluarkan untuk sewa bisa dialihkan sebagai cicilan apartemen,” papar Andreas, dikutip melalui keterangan resmi pada Minggu (11/11/2018).

Menurut dia, selain ditempati sendiri, memiliki apartemen menawarkan keuntungan lain di masa yang akan datang, yaitu bisa menjadi investasi yang menjanjikan dan aman karena imbal hasilnya cukup besar dan jika dijual kembali harganya menguntungkan.

Selain itu, memiliki apartemen memungkinkan untuk meningkatkan nilai properti. Hanya dengan renovasi kecil pemilik bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik.

Keuntungan lainnya adalah unit apartemen bisa disewakan kembali. Faktanya, kata Andreas, kunci untuk memperoleh income dalam properti adalah melalui capital gain.

"Misalnya Anda berinvestasi di sebuah apartemen senilai Rp500 juta dengan uang muka Rp50 juta. Kemudian apartemen tersebut Anda sewakan, maka uang sewa bulanan tersebut bisa untuk membayar angsuran per bulan, sehingga Anda bisa mencapai kebebasan finansial setelah beberapa tahun," papar Andreas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper