Garuda Bakal Layani Kargo Udara Produk Inuki

Maskapai nasional Garuda Indonesia melalui lini usaha kargo udara akan mengangkut komoditas unggulan PT Industri Nuklir Indonesia (Persero) berupa radioisotope dan radiofarmaka untuk produk kesehatan.
Sri Mas Sari | 07 November 2018 22:36 WIB
Pesawat Garuda Indonesia. - JIBI/Wahyu Darmawan
Bisnis.com, JAKARTA -- Maskapai nasional Garuda Indonesia melalui lini usaha kargo udara akan mengangkut komoditas unggulan PT Industri Nuklir Indonesia (Persero) berupa radioisotope dan radiofarmaka untuk produk kesehatan.
 
Sinergi BUMN itu ditandai dengan penandatanganan kemitraan strategis jaringan layanan kargo udara antara Inuki dengan Garuda Indonesia selaku induk usaha, serta dengan PT Aero Jasa Cargo dan PT GMF Aeroasia Tbk. selaku anak perusahaan Garuda Indonesia. 
 
Direktur Kargo & Pengembangan Usaha Garuda Indonesia M. Iqbal mengatakan Garuda akan melayani pengangkutan komoditas itu ke seluruh jaringan penerbangan domestik maupun internasional maskapai itu.
 
Selain menjalin kerja sama pengiriman kargo udara, Garuda dan Inuki mengembangkan kerja sama pada lini solusi logistic and supply chain. Adapun GMF Aero Asia akan menjalin kerja sama dalam bidang aircraft engineering
 
“Garuda Indonesia mendukung pesatnya perkembangan industri nuklir yang dikelola Inuki. Dukungan tersebut kami tunjukkan lewat kesiapan layanan kargo kami untuk mengangkut berbagai kiriman ekspor dangerous goods,” kata Iqbal dalam siaran pers, Rabu (7/11/2018).
 
“Garuda Indonesia Group merupakan satu-satunya grup maskapai penerbangan di Indonesia yang memiliki izin pengangkutan dangerous goods dari Kementerian Perhubungan dan IATA [The International Air Transport Association]."
 
Iqbal menuturkan kerja sama ini akan meningkatkan potensi pendapatan kedua belah pihak. Melalui jaringan penerbangan Garuda Indonesia, Inuki dapat memperluas ekspor produknya ke berbagai negara yang sebelumnya belum terjangkau. Tidak tertutup kemungkinan pula kerja sama antar BUMN ini dapat ditingkatkan ke bidang lainnya. 
 
Sementara itu, Direktur Administrasi dan Keuangan Inuki Lenggoneni mengatakan perusahaan mempercayakan pengiriman dangerous goods (DG) untuk diangkut oleh layanan kargo Garuda Indonesia. 
 
"Barang berkategori DG yang riskan harus ditangani oleh maskapai yang berpengalaman dalam mengimplementasikan special handling, seperti Garuda Indonesia, agar kualitas barang kiriman dapat terjaga keamananannya ketika sampai di tujuan,” paparnya. 
 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kargo udara

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top