Singapore Airlines Group Catatkan SLF 83,6% pada September 2018

Singapore Airlines Group melaporkan angka tingkat isian penumpang (seat load factor/SLF) mencapai 83,6% pada September 2018.
Rio Sandy Pradana | 18 Oktober 2018 23:21 WIB
Pesawat Boeing 787-10 milik maskapai Singapore Airlines tiba di Bandar Udara Changi Singapura, Rabu (28/3). Pesawat tersebut produksi pabrik di North Charleston, South Carolina. - JIBI/Saeno Abdi

Bisnis.com, JAKARTA - Singapore Airlines Group melaporkan angka tingkat isian penumpang (seat load factor/SLF) mencapai 83,6% pada September 2018.

Berdasarkan keterangan resmi maskapai yang diperoleh Bisnis, Kamis (18/10/2018), angka SLF tersebut mengalami kenaikan hingga 2,8% dibandingkan dengan September 2017.

Adapun, sistem angkutan penumpang (diukur dalam pendapatan dari penumpang tiap kilometer) mengalami kenaikan sebesar 7,7% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, melebihi pertumbuhan kapasitas (diukur dalam kilometer kursi yang tersedia) sebesar 4,2%.

Sementara itu, persentase tingkat isian penumpang Singapore Airlines meningkat sebesar 3,4% menjadi 84,4%. Sistem angkutan penumpang meningkat sebesar 5,7% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, berlawanan dengan adanya peningkatan kapasitas sebesar 1,4%.

Pendapatan unit (diukur dalam pendapatan dari ketersediaan kursi tiap kilometer) diharapkan untuk tetap positif dikarenakan adanya pertumbuhan pendapatan yang melebihi pertumbuhan kapasitas.

Sistem angkutan penumpang SilkAir mengalami peningkatan sebesar 5,6%, lebih tinggi dari pertumbuhan kapasitas sebesar 2,4%. Hal tersebut menyebabkan persentasi tingkat isian penumpang juga mengalami peningkatan sebesar 2,1% menjadi 73,6%. Tingkat isian penumpang yang meningkat terjadi di wilayah Asia Utara, Asia Tenggara, dan Australia.

Kemudian, Scoot mencatat pertumbuhan pada sistem angkutan penumpang sebesar 16,7%, yang melebihi ekspansi kapasitas sebesar 16,5%. Oleh karena itu, persentase tingkat isian pemumpang meningkat sebesar 0,1% menjadi 83,8%.

Tingkat isian penumpang mengalami sedikit peningkatan pada wilayah Asia Barat dan kawasan lainnya di dunia, didominasi oleh rute-rute seperti India dan Australia.

 

Tag : singapore airlines, maskapai penerbangan
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top