Kerang Hijau Dan Upaya Pelestarian Air Laut Teluk Jakarta

Teluk Jakarta merupakan wilayah perairan dangkal yang terletak di utara Provinsi DKI Jakarta. Pada teluk ini bermuara 13 sungai yang membelah Kota Jakarta.

Teluk Jakarta merupakan wilayah perairan dangkal yang terletak di utara Provinsi DKI Jakarta. Pada teluk ini bermuara 13 sungai yang membelah Kota Jakarta. Pencemaran yang terjadi di sungai oleh limbah domestik baik rumah tangga maupun industri berakibat pada menurunnya kualitas air laut di Teluk Jakarta. Lebih lanjut, kondisi ini berpotensi menyebabkan terjadinya ledakan plankton atau yang lebih parah lagi meyebabkan terjadinya Red Tide  yang diikuti dengan penurunan oksigen secara tiba-tiba.

Pantai Ancol yang berada di Teluk Jakarta, sedikit banyak terpengaruh oleh hal tersebut. Ancol sebagai wilayah pesisir, merupakan habitat alami dari beberapa jenis biota laut seperti kerang hijau, kepiting batu, ketang-ketang, ubur-ubur, baronang, kerapu, ganggang laut dan berbagai jenis lainnya. Keberadaan biota ini kurang optimal dikarenakan kualitas air laut yang kurang baik.

Hal ini tentu saja apabila terus didiamkan akan semakin memburuk dan mengancam kelestarian wilayah pesisir khususnya pariwisata pantai satu-satunya di Jakarta. Walaupun tidak mudah, namun upaya pelestarian atau pengembalian kualitas air laut sudah sepatutnya dilakukan demi keberlangsungan ekosistem pesisir yang lebih baik.

PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, sebagai pengelola destinasi wisata Ancol Taman Impian, tidak tinggal diam. Melalui Tim Konservasi, Ancol menjalankan sebuah program jangka panjang yang diberi nama Ancol Intertidal Conservation, Asian Green Mussel Reef Restoration. Program ini berupaya untuk mengembalikan kualitas air laut dengan menggunakan biota Green Mussel atau kerang hijau sebagai filter alami.

Kerang Hijau Dan Upaya Pelestarian Air Laut Teluk Jakarta

Mengadaptasi dari beberapa kampanye yang sudah dilakukan pada banyak teluk di belahan dunia, kemampuan kerang hijau untuk memfilter air laut bukanlah hanya isapan jempol belaka. Menurut penelitian dari The University of Waikato pada 2013 menyebutkan bahwa seekor kerang hijau dewasa dapat membersihkan atau memfilter air sebanyak 2 sampai 3 liter perjam. Hal ini telah dibuktikan dengan percobaan yang dilakukan oleh Tim Konservasi Ancol. Kerang hijau sebanyak 5 kg dapat membersihkan 50 liter air laut dalam waktu 1 jam.

Tahap awal program ini adalah dengan menanam bibit kerang hijau di beberapa titik di wilayah pantai Ancol. Masing-masing kelompok bibit diberi tanda berupa balon berwarna merah yang disebut Marker Buoy. Kemudian evaluasi dan monitoring rutin dilakukan setiap minggu. Hal ini untuk mengetahui titik mana saja yang dapat ditumbuhi oleh kerang hijau dengan baik.

Tahap selanjutnya adalah dengan menanam bibit kerang hijau lebih banyak lagi pada lokasi yang memang terbukti cocok sehingga populasi kerang hijau dapat tumbuh dengan subur. Diharapkan populasi kerang hijau yang meningkat maka secara otomatis dapat meningkatkan pula kapasitas kerang hijau dalam memfilter air laut sehingga secara perlahan kualitas air laut di sekitarnya dapat membaik. Atau pun setidaknya dapat menahan laju penurunan kualitas air laut.

Program ini memang belum akan terlihat hasilnya dalam dua atau tiga tahun ke depan namun membutuhkan waktu hingga 20 sampai 30 tahun kemudian. Namun upaya kecil ini merupakan langkah nyata kepedulian Ancol terhadap pelestarian keberlangsungan ekosistem pesisir di teluk Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper