Indonesia Optimis mendapatkan 15 Emas pada ASC ke -12

Indonesia optimis mendapatkan 15 emas pada kompetisi keahlian, Asean Skill Competition (ASC) ke-12.
Amanda Kusumawardhani | 28 Agustus 2018 21:57 WIB

Bisnis.com, JAKARTA-- Indonesia optimis mendapatkan 15 emas pada kompetisi keahlian, Asean Skill Competition (ASC) ke-12.

Rencananya, Indonesia mengirimkan 2 peserta/kejuruan pada 22 kejuruan dari total 26 kejuruan yang dikompetisikan di IMPACT, Thailand.

Pada gelaran ASC ke-11 di Malaysia Tahun 2016, Indonesia mendapatkan 13 emas, 2 perak, 7 perunggu dan 14 diploma. Dengan perolehan tersebut Indonesia menduduki peringkat ke-2 atau runner up.

“Tahun ini kita optimis mendapatkan 15 emas. Saingan terberat kita adalah Thailand selaku Tuan Rumah dan mereka juga sangat kompetitif di berbagai kejuruan,” kata Direktur Jenderal Binalattas, Bambang Satrio Lelono, dikutip dari keterangan resminya, Selasa (28/8/2018).

Menurutnya, Indonesia cukup sering mendapatkan emas di kejuruan- kejuruan seperti: Cabinet Making, Fashion Technology, Graphic Design Technology, Bricklaying, dan Electronic.

Seperti diketahui, Indonesia mendapat emas berturut turut di kejuruan elektronika, pada ASC tahun 2010, 2012, 2014, 2016.

Delegasi ASC ke-12 yang dikirim ke Bangkok ini telah dipersiapkan melalui beberapa tahap, yaitu proses seleksi daerah di seluruh provinsi untuk mendapatkan para calon peserta kompetisi yang terbaik. 

Selanjutnya para calon peserta kompetisi yang telah terpilih mewakili daerahnya diseleksi lagi melalui proses Seleksi Nasional pada tahun 2017. 

Dari seleksi nasional tersebut dipilih 3 orang calon peserta terbaik, yang kemudian menjalani pemusatan pelatihan  2 tahap. Tahap pertama selama 3 bulan  dan tahap kedua selama 7 bulan. Seleksi akhir menetapkan 2 calon peserta yang mewakili Indonesia pada ajang ASC ke-12 ini.

Selama berada di Training Center, para calon peserta dibawah pembinaan para tenaga ahli (expert) sesuai dengan Test Project yang akan dikompetisikan pada ASC ke-12, baik dalam hal teknis, non teknis dan dalam hal sikap  mental para calon kompetitor. 

Tag : asean
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top