Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina EP Bidik Produksi Minyak dari Lapangan Jatibarang 5.893 Bph

PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) di sektor hulu, berupaya meningkatkan produksi minyak dan gas bumi melalui beberapa strategi dan program, salah satunya melalui optimalisasi produksi Lapangan Jatibarang di Indramayu.n 
Ilustrasi pengeboran minyak/Reuters-Ernest Scheyder
Ilustrasi pengeboran minyak/Reuters-Ernest Scheyder

Bisnis.com, INDRAMAYU — PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) di sektor hulu, berupaya meningkatkan produksi minyak dan gas bumi melalui beberapa strategi dan program, salah satunya melalui optimalisasi produksi Lapangan Jatibarang di Indramayu.

Saat ini rata-rata produksi harian minyak dari Lapangan Jatibarang sebesar 5.184 barel per hari (bph) dan gas sebesar 42,05 juta kaki kubik per hari (MMscfd).

“Upaya-upaya optimalisasi diharapkan bisa menambah produksi Jatibarang field, dengan prognosis pencapaian rata-rata tertinggi minyak di Desember 2018 yang menembus angka 5.893 bph,” ujar Hermansyah Y. Nasroen, Public Relation Manager Pertamina EP,  Minggu, (5/8).

Untuk meningkatkan produksi migas di Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field, pada semester II 2018 dilakukan pengeboran dua sumur di struktur Cemara (CMS-XXI). Kegiatan tajak sumur telah dilakukan pada Juli 2018  dengan target tambahan produksi 150 bph. Tajak sumur juga dilakukan pada sumur- sumur Akasia Bagus (ABG)-A2 rencana tajak di Oktober 2018 dengan estimasi tambahan produksi 137 bph. Upaya lainnya melalui program stimulasi dan fracturing. Selain itu, reaktivasi, reparasi sumur khususnya di struktur X ray,  dan melanjutkan keberhasilan dua sumur di anjungan XMA.

“Pada semester II 2018, tiga sumur akan dilakukan reaktivasi menggunakan artificial lift ESP dan dua sumur lainnya akan diproduksikan dengan metode in situ gas lift dari satu sumur gas di struktur XMA,” ujar Hermansyah.

Jatibarang Field merupakan lapangan yang telah ada sejak 1972. Saat ini Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field mengelola 50 struktur di darat dan satu struktur di lepas pantai (offshore) dengan total sumur penghasil minyak dan gas sebanyak 170 sumur.

Pada 2018, strategi dan upaya optimalisasi produksi Pertamina EP meliputi program sumur yang sudah ada berupa stimulasi, reaktivasi, konversi lifting, reparasi (well intervention) dan kerja ulang (work over). Selain program pengeboran sebanyak satu sumur dan direncanakan akan dilakukan dua sumur berikutnya di semester kedua 2018, yakni di struktur Cemara (CMS) dan Akasia Bagus (ABG).

Program optimalisasi produksi yang telah berhasil direalisasikan pada semester I/2018 adalah program reaktivasi yang memberikan kontribusi terhadap optimasi produksi adalah di anjungan lepas pantai XMA. Dua sumur di anjungan tersebut XMA-8 dan XMA-9 berhasil dilakukan reaktivasi dengan pemasangan artificial lift ESP. Hingga akhir Juni 2018, kumulatif produksi dari dua sumur tersebut mencapai 20.709  BBLS.

Beberapa upaya untuk mengoptimalkan potensi produksi eksisting dilakukan dengan konversi artificial lift. Keberhasilan konversi lifting dari Gas lift ke ESP di antaranya sumur CMT-15, Sumur JTB-172. Selain itu, konversi lifting juga dilakukan dari gas lift ke HPU pada JTB-161 juga memberikan hasil gain yang signifikan. Hal ini menjadi referensi untuk konversi sumur gas lift lainnya,

Pertamina EP juga menjalankan program stimulasi di Jatibarang Field dalam menahan laju penurunan. Program stimulasi dilakukan pada sumur-sumur yang mengalami permasalahan scalling (endapan) dan kenaikan kadar air seperti pada Struktur Akasia Besar dan Jatibarang. Untuk sumur ABG-03 mendapatkan tambahan produksi sekitar 700 bph.

Program reparasi dan work over, baik minyak maupun gas juga memberikan hasil yang positif, di antaranya sumur gas di Struktur Randegan dan Tugu Barat; RDG-48, RDG-50, TGB-19 menghasilkan tambahan rata-rata satu MMscfd. Untuk sumur minyak hasil work over yang cukup memberikan hasil signifikan adalah di struktur Akasia Bagus (ABG-2 dan ABG-3) serta struktur Jatibesar (JBS-01). Saat ini kontribusi produksi dari ke tiga sumur tersebut rata – rata 537 bph secara sembur alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper