Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amankan Pasar Ekspor, Kemendag akan Kunjungi AS

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita akan memimpin kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS) pada 21-28 Juli 2018 mendatang.
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita/JIBI-Dwi Prasetya
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita/JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita akan memimpin kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS) pada 21-28 Juli 2018 mendatang.

Kunjungan kerja ini bertujuan menjaga keseimbangan hubungan dagang antara Indonesia dengan AS, dan akan menjadi pertemuan resmi pertama Kemendag dengan mitra kerjanya di AS sejak masa pemerintahan Presiden Trump awal 2017.

Kunjungan kerja tersebut digelar Kementerian Perdagangan bersama dengan Kadin, asosiasi, para pelaku usaha, dan para pemangku kepentingan.

Kunjungan ini merupakan langkah antisipatif atas dinamika perdagangan internasional saat ini yang memicu merebaknya kebijakan proteksionisme hingga kenaikan tarif bea masuk.

Di samping itu, kunjungan ini akan memperkuat kemitraan bilateral kedua negara.

“Pemerintah Indonesia akan berupaya menjaga dan mengamankan pasar komoditas ekspor Indonesia ke negara-negara tujuan ekspornya untuk mencapai target pertumbuhan ekspor 11%.

Oleh karena itu, pemerintah harus sigap bertindak jika ada indikasi pasar ekspornya akan mengalami hambatan.

Kunjungan ke AS kali ini berupaya menjaga agar kepentingan ekspor Indonesia tidak terganggu karena AS adalah negara mitra dagang utama kedua setelah China,” kata Mendag Enggar hari ini, Jumat (13/7) di Jakarta.

Salah satu agenda yang akan dibahas Mendag di AS adalah kenaikan tarif impor besi baja dan aluminium ke AS.

Indonesia diagendakan memenuhi undangan Duta Besar United States Trade Representatives (USTR) untuk membahas review AS terhadap negara-negara penerima Generalized System Preferences (GSP) dan Indonesia merupakan salah satunya. Undangan ini merupakan hasil dari lobi secara tertulis yang dilakukan Pemerintah Indonesia.

Selain itu, Mendag Enggar juga dijadwalkan bertemu Menteri Perdagangan AS serta menggalang dukungan dari industri dalam negeri AS. Indonesia juga akan mengangkat isu defisit perdagangan AS dari Indonesia.

“Indonesia siap bermitra dengan AS untuk mengidentifikasi dan mengatasi isu defisit perdagangan karena kedua negara memiliki produk dan jasa yang tidak bersaing, tetapi saling melengkapi,” kata Mendag Enggar.

Selain pertemuan bilateral dengan Mendag AS dan Dubes USTR, Mendag Enggar juga memanfaatkan momen kunjungan ke AS kali ini untuk melakukan forum bisnis bersama para pengusaha asal AS. Mendag memboyong antara lain perwakilan KADIN Indonesia, asosiasi-asosiasi, serta para pengusaha sebagai bagian dari Delegasi Indonesia dalam forum bisnis tersebut.

Beberapa pertemuan yang diagendakan antara lain adalah dengan United States Chamber of Commerce serta pelaku usaha AS dalam format one-on-one business matching. Dalam momentum tersebut, Mendag Enggar dan para pelaku usaha Indonesia yang memiliki mitra

dagang di AS akan membawa pesan bahwa Indonesia siap untuk terus meningkatkan transaksi dagang b-to-b dengan para pelaku usaha AS.

Total perdagangan Indonesia dan AS pada 2017 tercatat sebesar US$25,91 miliar. Dari jumlah tersebut, ekspor Indonesia mencapai US$17,79 miliar dan impor Indonesia sebesar US$8,12 miliar. Sehingga, neraca perdagangan Indonesia terhadap AS surplus US$9,67 miliar.

Sedangkan, pada tahun 2018 (Januari-April) tercatat total perdagangan kedua negara sebesar US$9,36 miliar dengan neraca perdagangan surplus bagi Indonesia sebesar US$2,84 miliar. Pada periode tersebut, ekspor Indonesia sebesar US$6,10 miliar dan impornya US$3,26 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper