Wings Air Layani Rute Surabaya-Labuan Bajo

Wings Air, maskapai dibawah naungan Lion Air Group membuka rute dari Surabaya menuju Labuan Bajo.
Fitri Sartina Dewi | 27 Juni 2018 20:17 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Wings Air,  maskapai dibawah naungan Lion Air Group membuka rute dari Surabaya menuju Labuan Bajo.

Direktur Operasi Wings Air Redi Irawan mengatakan rute penerbangan itu akan efektif berlaku 8 Juli 2018. Penerbangan tersebut dilayani secara regular pergi pulang (PP) berjadwal setiap Selasa, Sabtu dan Minggu.

Untuk rute sebaliknya di hari yang sama, penerbangan nomor IW1809 lepas landas dari Labuan Bajo pukul 12.45 WITA dan mendarat di Surabaya pada 13.50 WIB.

Dia menuturkan, pada tahap awal, layanan tersedia tiga hari dalam sepekan. Apabila minat pasar terus tumbuh di kedua destinasi tersebut, maka tidak menutup kemungkinan Wings Air akan meningkatkan frekuensi terbang.

Untuk kenyamanan penerbangan bagi pelanggan, Wings Air mengoperasikan armada terbaru turboprop tipe ATR 72-500 atau ATR 72-600 yang berkapasitas 72 kursi kelas ekonomi. Pesawat ini dikenal karena kenyamanan, kehandalan, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

“Wings Air berupaya menghubungkan antarkota dan daerah di Indonesia, kehadiran kami diharapkan bisa menyediakan fasilitas yang menawarkan kemudahan bagi pelanggan maupun masyarakat ketika bepergian serta kelancaran arus logistik. Untuk rute Surabaya menuju Labuan Bajo ini adalah wujud dari kesungguhan Wings Air untuk melengkapi jaringan yang sudah eksis,” kata Redi melalui keterangan resmi, Rabu (27/6/2018).

Lebih lanjut, dia mengaku optimis dibukanya layanan tersebut mampu membantu peningkatan potensi perekonomian di kedua kota agar semakin menggeliat. Penerbangan Surabaya ke Labuan Bajo adalah salah satu strategi pengembangan bisnis ke wilayah Indonesia tengah dan timur. Hal itu sejalan dengan program pemerintah dalam mendatangkan wisatawan untuk mengembangkan pariwisata nasional.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surabaya, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Jawa Timur melalui pintu masuk Juanda pada Maret 2018 naik 34,71% dibanding jumlah kunjungan wisman Februari 2018, yaitu dari 23.094 kunjungan menjadi 31.110 kunjungan.

Menurut data dari Angkasa Pura I, Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya pada 2017 telah melayani 20,13 juta pergerakan penumpang. Angka tersebut meningkat 3,29% dibanding 2016 yang mencapai 19,48 juta penumpang. Pada triwulan pertama 2018, trafik penumpang di Juanda mencapai 4,99 juta penumpang yang tumbuh 8,23% dibanding triwulan pertama 2017 yaitu 4,6 juta pergerakan penumpang.

“Pembukaan rute perdana yang memakan waktu tempuh durasi 2 jam 5 menit itu berdasarkan tingginya permintaan traveler yang mengharapkan tersedianya penerbangan langsung khususnya sektor pariwisata dan bisnis perdagangan,” ujarnya.

Hingga saat ini, Wings Air telah terbang ke 109 destinasi di dalam dan luar negeri. Untuk layanan regional, sudah melayani ke Kuching, Miri, Malaka di Malaysia.

Tag : wings air
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top