Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pimpinan BUMN Kunjungi Laboratorium Sucofindo

Pimpinan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengunjungi Laboratorium Pusat PT Sucofindo (Persero) yang berlokasi di Cibitung, Jawa Barat.
Suasana kunjungan pimpinan BUMN ke Laboratorium Pusat Sucofindo./JIBI
Suasana kunjungan pimpinan BUMN ke Laboratorium Pusat Sucofindo./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA—Pimpinan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengunjungi Laboratorium Pusat PT Sucofindo (Persero) yang berlokasi di Cibitung, Jawa Barat. 

Dalam kunjungan tersebut, Deputi Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro didampingi oleh Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin beserta seluruh jajaran direksi perseroan.

Kunjungan ini bertujuan meninjau sarana laboratorium Sucifindo, di antaranya laboratorium pengujian produk komoditas pangan, pengujian produk halal, pengujian produk SNI dan jasa-jasa pengujian lainnya.

Sebagai pimpinan Sucofindo, Bachder mengatakan perseroan merupakan salah satu BUMN yang memiliki layanan inspeksi, pengujian, sertifikasi, pelatihan dan konsultansi. 

"Peran kami adalah membantu pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing dan membantu pemerintah dalam pelaksanaan berbagai kebijakan dan menyediakan informasi untuk pengambilan kebijakan, serta membantu pemastian untuk perlindungan konsumen/masyarakat," ujarnya dalam keterangan resmi, pekan lalu.

Selain itu, perseroan juga menyediakan sarana laboratorium untuk memfasilitasi layanan jasa pengujian, dan tentunya mendukung kegiatan inspeksi dan sertifikasi.

Untuk jasa sertifikasi produk, dalam prosesnya, selain melakukan pengujian terkait produk di laboratorium berdasarkan standar tertentu, Sucofindo juga melakukan proses audit untuk mengevaluasi proses produksinya sesuai ruang lingkup sertifikasi tersebut. 

Pada kesempatan yang sama Alloy mengapresiasi kinerja perseroan karena sertifikasi Sucofindo yang telah dilakukan mampu menjaga kualitas produk Indonesia. 

"Selain layanan laboratorium, standarisasi yang dilakukan oleh Sucofindo juga meningkatkan kinerja perusahaan dalam menjalankan proses bisnis. Kegiatan audit manajemen mutu misalnya, yang dapat diterapkan pada BUMN di Indonesia," ujar Aloy.

Rombongan Kementerian BUMN juga melakukan kunjungan pada ruangan laboratorium untuk melihat langsung pengerjaan sampel yang diterima di laboratorium. Turut hadir dalam rombongan Asdep RPPKNM Chairiah, Kabid PPKNM Sri Mariastati, dan Kasubbid PPKNM I Dody Heriawan P dalam kunjungan tersebut.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh laboratorium Sucofindo meliputi pengujian lingkungan, pengujian analisa kimia umum, di antaranya untuk mendukung kegiatan pengujian SNI berbagai produk, pengujian CPO dan turunannya, pengujian halal, pengujian minyak dan gas, kalibrasi dan teknik & mekanik. 

Saat ini, layanan laboratorium Sucofindo dapat diakses di 46 titik seluruh Indonesia. Bahkan secara khusus perseroan telah menyediakan laboratorium khusus yang berada di lokasi kerja pelanggan, seperti laboratorium di Sangatta dan Timika.

Laboratorium Sucofindo telah bekerja sama dengan beberapa BUMN untuk mendukung sinergi antar BUMN antara lain PT Pertamina, PT Indonesia Power, dan Bulog.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper