Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukalapak Catat Kenaikan Penjualan Produk FMCG di Ramadan

Bukalapak, platform dagang-el mencatat kenaikan signifikan untuk penjualan produk kebutuhan sehari-hari atau fast moving consumer goods (FMCG) pada Ramadan.
Bisnis.com, JAKARTA -- Bukalapak, platform dagang-el mencatat kenaikan signifikan untuk penjualan produk kebutuhan sehari-hari atau fast moving consumer goods (FMCG) pada Ramadan. 
 
Evi Andarini, Corcomm Manager Bukalapak, mengatakan memasuki hari ke 21 Ramadan, semua produk FMCG mengalami peningkatan rata-rata hampir 50% dibandingkan bulan biasanya.
 
"Antusiasme customer yang sangat tinggi ini    puncaknya terjadi pada flash deal pada 4 dan 5 Juni yang serba Rp10.000. Jumlah traffic tercatat paling tinggi di periode ini dan produk di flash deal habis hanya dalam waktu 5-10 menit pertama," jelasnya kepada Bisnis, Rabu (6/6/2018). 
 
Adapun peningkatan tertinggi terjadi di kategori food yang mencapai dua kali lipat dari bulan sebelumnya. Peningkatan tertinggi berikutnya dikontribusi oleh perlengkapan bayi, rumah tangga, dan perawatan kecantikan. 
 
Jikaa melihat tren yang selalu naik setiap tahunnya, pihaknya optimistis jual beli produk FMCG akan terus mengalami peningkatan di e-commerce.
 
"Kami melihat ada tren peningkatan transaksi setiap bulannya dan puncaknya terjadi di bulan Ramadan 2018 ini, khususnya saat promo flash deal di Bukalapak," katanya. 
 
Sebagai gambaran, katanya, jika dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu peningkatan jumah transaksi FMCG mencapai lebih dari 100% sedangkan dibandingkan dengan bulan pra Ramadan tahun ini peningkatan transaksi tercatat lebih dari 20%.
 
Dia menambahkan tren jual beli FMCG yang meningkat tersebut juga diperkuat data eksternal dari Kantar World Panel bahwa penjualan FMCG di pasar global secara online diprediksi meningkat 4%–10%.
 
Dimana hal ini bisa jadi disebabkan oleh semakin terbiasanya konsumen dengan belanja produk kebutuhan sehari-hari secara online dan meningkatnya kepemilikan smartphone untuk mengakses e-commerce.
 
Namun, Evi tidak memungkiri jika kategori produk FMCG menghadapi tantangan di e-commerce yaitu untuk proses pengiriman khususnya di kategori food and beverage

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Agne Yasa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper