PUPR Bangun Rusun ASN di Batam

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membangun satu tower rusun untuk aparatur sipil negara Kementerian Hukum dan HAM yang bekerja di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Batam.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 25 Mei 2018 23:09 WIB
Ilustrasi Proyek Rusun - Antara/Aprilio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membangun satu tower rusun untuk aparatur sipil negara Kementerian Hukum dan HAM yang bekerja di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Batam.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid mengatakan rusun untuk aparatur sipil negara (ASN) akan dibangun setinggi 3 lantai tipe 36 kapasitas 42 unit dengan anggaran Rp13,8 miliar.

"Lokasi pembangunan berada di Jalan Dang Merdu, Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam," ungkap Khalawi melalui siaran pers yang dikutip Bisnis, Jumat (25/5/2018).

Ada pun pembangun rusun bagi ASN Kemenkum HAM pada tahun 2017 telah dilakukan oleh Kementerian PUPR yakni satu tower rusun di Kantor Imigrasi Kelas I Bali. Rusun tiga lantai dengan tipe 36 meter persegi tersebut memiliki 47 unit hunian dengan anggaran senilai Rp14,6 miliar.

Sebelumnya, selain di Batam, Kementerian PUPR telah membangun sebanyak 4 rusun di Kabupaten Magelang, 5 rusun di Kabupaten Temanggung, dan 3 rusun di Kota Magelang. Sebanyak 50 rusun juga akan dibangun di Desa Wates Kacamatan Magelang Utara.

Anggota Komisi V DPR RI Soedjadi sangat mendukung pembangunan Rusunawa yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR bagi masyarakat di Kota Magelang. Adanya Rusunawa diharapkan bisa menjadi alternatif hunian bagi masyarakat mengingat keterbatasan lahan di kawasan perkotaan.

"Pada era Presiden Joko Widodo ini masalah perumahan untuk masyarakat benar-benar diperhatikan. Selain Rusun, pemerintah juga memberikan bantuan Rumah Khusus dan Bedah Rumah bagi masyarakat kurang mampu," terangnya.

Dia menuturkan, Presiden Jokowi juga telah meresmikan beberapa Rusunawa di wilayah Magelang ini. Tak hanya itu, pembangunan rumah bagi masyarakat juga dilaksanakan mulai dari daerah pinggiran sehingga pembangunannya lebih merata dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Walikota Magelang Sigit W menuturkan, bantuan Rusunawa, Rumah Khusus dan BSPS sangat dibutuhkan Pemda untuk menyediakan rumah bagi masyarakat. "

Kami siap mendukung baik dari sisi penyediaan lahan, perizinan dan pendataan masyarakat yang akan menempati Rusunawa. Semoga pembangunan Rusunawa ini bisa cepat selesai dibangun sesuai rencana," kata Sigit.

Tag : batam, rusun, Kementerian PUPR
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top