Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pengembangan Sisi Udara Bandara Kertajati Ditarget Oktober

Angkasa Pura II menargetkan pengembangan sisi udara Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati akan rampung pada Oktober 2018.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 17 April 2018  |  15:22 WIB
Foto udara proyek pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Kamis (11/1). - ANTARA/Raisan Al Farisi
Foto udara proyek pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Kamis (11/1). - ANTARA/Raisan Al Farisi

Bisnis.com, MAJALENGKA -- PT Angkasa Pura II (Persero) menargetkan pengembangan sisi udara Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati akan rampung pada Oktober 2018.

Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan pengembangan tersebut mencakup penambahan landas pacu (runway) hingga 3.000 meter × 60 meter, luas landasan pesawat (apron) sebesar 90 hektare, pembenahan airfield lighting system, dan taxi guidance.

"Target selesai semuanya Oktober 2018, sekarang sedang proses lelang," kata Awaluddin saat peninjauan BIJB Kertajati, Selasa (17/4/2018).

Dia menuturkan penambahan apron dari yang ada saat ini seluas 96 hektare menjadikan kapasitas parkir pesawat (parkir stand) dari 10 unit menjadi 22 unit untuk pesawat berlorong tunggal (narrow body).

Pihaknya mengaku mengalokasikan anggaran hingga Rp500 miliar yang berasal dari kas internal perusahaan tanpa bantuan APBN. Terlebih, AP II merupakan pengelola bandara yang ditugaskan Kementerian Perhubungan untuk mengembangkan BIJB.

Pendirian BIJB pada awalnya merupakan inisiatif Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan menyiapkan lahan dan kemudian dilanjutkan dengan pembangunan konstruksi runway oleh Ditjen Perhubungan Udara untuk membangun sisi udara.

Adapun, fasilitas sisi udara yang telah dibangun mencakup runway sepanjang 2.500 dan lebar 60 meter, apron, dan jalan penghubung landasan (taxiway) dengan menggunakan dana APBN.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angkasa pura ii bandara kertajati bijb
Editor : Fajar Sidik
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top