Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara Kertajati: Landasan Siap 100%, Terminal Penumpang Baru 96%

Perkembangan proyek Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati dilaporkan sudah mencapai 98%, baik sisi udara maupun sisi darat.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 17 April 2018  |  10:18 WIB
Bandara Kertajati: Landasan Siap 100%, Terminal Penumpang Baru 96%
Gedung Terminal Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Rabu (4/3/2018). Kementerian Perhubungan mengklaim proyek pembangunan sisi darat bandara tersebut sudah mencapai 91,07%. - Bisnis/Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bisnis.com, MAJALENGKA—Perkembangan proyek Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati dilaporkan sudah mencapai 98%, baik sisi udara maupun sisi darat.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengatakan pembangunan sisi udara sudah selesai atau 100%, sedangkan sisi darat mencapai hampir 96%. Adapun, kalkulasi kedua sisi tersebut sebesar 98%.

"Sisi darat fase pertama sudah selesai 100%, sisi darat atau biasa kita sebut gedung terminal sudah 96%. Tinggal finishing saja," kata Agus saat melakukan peninjauan di BIJB, Selasa (17/4/2018).

Dia menambahkan masyarakat Jawa Barat akan bisa menggunakan bandara tersebut saat mudik Lebaran. Terlebih, banyak masyarakat asli dari beberapa kabupaten di Tanah Sunda yang bekerja di luar Pulau Jawa.

Di sisi lain, bandara tersebut juga dipersiapkan untuk melayani penerbangan haji pada Juni 2018. Jemaah yang diberangkatkan hanya yang beras dari Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang.

Kemenhub telah berkoordinasi dengan Garuda Indonesia untuk memindahkan sebanyak tujuh penerbangan langsung dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Penerbangan tersebut akan menggunakan pesawat jenis Airbus A330 yang memiliki lorong ganda (wide body).

Pendirian BIJB pada awalnya merupakan inisiatif Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan menyiapkan lahan dan kemudian dilanjutkan dengan pembangunan konstruksi runway oleh Ditjen Perhubungan Udara untuk membangun sisi udara.

Adapun, fasilitas sisi udara yang telah dibangun mencakup landasan pacu (runway) sepanjang 2.500 dan lebar 60 meter, landasan parkir pesawat (apron), dan jalan penghubung landasan (taxiway) dengan menggunakan dana APBN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara kertajati
Editor : Sutarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top