Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JK: Salam Wakanda, Indonesia-Africa Forever!

Wakil Presiden Jusuf Kalla menutup pidato pembukaan Indonesia-Africa Forum (IAF) 2018 di Bali dengan menyerukan 'mode Wakandan' a la film Black Panther.
Pamuji Tri Nastiti
Pamuji Tri Nastiti - Bisnis.com 10 April 2018  |  11:13 WIB
Loading the player ...

Bisnis.com, NUSA DUA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menutup pidato pembukaan Indonesia-Africa Forum (IAF) 2018 di Bali dengan menyerukan 'mode Wakandan' a la film Black Panther.

"Saya ingin menyimpulkan pidato ini dalam mode Wakandan, tidak dengan mengatakan Wakanda Forever tetapi dengan Indonesia-Afrika Forever. Sekali lagi, Indonesia-Afrika Selamanya!" tegasnya disambut gemuruh tawa hadirin di kompleks Bali Nusa Dua Convention Center, Selasa (10/4/2018).

IAF 2018 secara resmi berlangsung selama dua hari, yakni pada 10-11 April 2018, dengan agenda memetakan kerja sama ekonomi Indonesia dan Afrika.

Wapres JK memastikan bahwa komitmen pemerintah Indonesia tidak perlu dipertanyakan.

"Kerja sama teknis dan peningkatan kapasitas dengan Afrika akan meningkat hingga tiga kali lipat seperti terkait beasiswa [pendidikan] yang akan ditambah, fasilitas kredit ekspor yang kompetitif terus dikembangkan, dan kerja sama pada konektivitas juga akan ditingkatkan," paparnya.

Selanjutnya, perjanjian perdagangan akan dieksplorasi antara lain melalui Perjanjian Perdagangan Preferensial.

"Forum ini akan menghasilkan kerja sama ekonomi konkret di bidang industri strategis infrastruktur dan pembiayaan. Kesepakatan bisnis yang disimpulkan dalam forum ini bernilai lebih dari US$500 juta," ujar JK.

Pada 2019, lanjutnya, kerja sama antara Indonesia dan Afrika akan berlanjut melalui pertemuan Dialog Infrastruktur Indonesia-Afrika.

Pemerintah Indonesia mengajak negara-negara di Afrika bergandengan tangan dengan menjalin kerja sama dalam menciptakan dunia yang lebih adil dan makmur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

afrika kerja sama perdagangan
Editor : Annisa Margrit

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top