TPS Buka Layanan Pandu 24 Jam

PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), anak usaha PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), mulai menerapkan layanan jasa pandu 24 jam sehari pada Februari 2018.
Rivki Maulana | 14 Februari 2018 13:02 WIB
Kapal tunda (tug boat) melintas di Selat Madura, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (15/3). - Antara/Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA - PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS), anak usaha PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), mulai menerapkan layanan jasa pandu 24 jam sehari pada Februari 2018.

Direktur Teknik TPS Kartiko Adi mengatakan peningkatan layanan pandu akan mempercepat pergerakan kedatangan dan keberangkatan kapal. Dengan demikian, waktu yang dibutuhkan kapal untuk menunggu pandu dan menunggu sandar bisa dipangkas.

"Selain itu, utilisasi dermaga juga semakin optimal. Kami berharap TPS semakin berkontribusi terhadap efisiensi biaya logistik di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (14/2/2018).

Kartiko menerangkan layanan pandu non stop terbagi dalam dua grup kerja dengan masing-masing bergiliran siaga 24 jam, mulai pukul 08.00 WIB hingga jam yang sama pada hari berikutnya. Pelayanan akan terus berlangsung hingga selesai saat pergantian regu pemandu dengan maksimal jam penjaga hingga pukul 12.00 WIB.

Dia melanjutkan aspek keselamatan dan kualitas layanan harus tetap terjamin agar kepercayaan pengguna jasa tetap terjaga.

Sebagaimana diketahui, petugas pandu berperan penting untuk memberikan informasi pada nahkoda tentang kondisi perairan setempat agar navigasi pelayaran berjalan tertib dan lancar demi keselamatan pelayaran.

Tag : pelindo iii
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top