Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Akhir Tahun, Pasokan Listrik Jawa-Bali Dijamin Aman

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PLN menjamin ketersedian pasokan listrik di Jawa-Bali selama libur Natal dan tahun baru terjaga.
Petugas mengerjakan perawatan jaringan kabel listrik/ANTARA-Mohammad Ayudha
Petugas mengerjakan perawatan jaringan kabel listrik/ANTARA-Mohammad Ayudha

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PLN menjamin ketersedian pasokan listrik di Jawa-Bali selama libur Natal dan tahun baru terjaga.

Listrik dipastikan selalu on selama 24 jam.

Menteri ESDM Ignasius Jonan turun langsung mengawal ketersediaan listrik dengan memantau gardu listrik tegangan tinggi di PLN Pusat Pengatur Beban (P2B) Jawa-Bali di Gandul, Depok, Jawa Barat pada Minggu (24/12/2017).

"PLN siap serta menjamin ketersedian pasokan listrik selama kegiatan libur Natal dan tahun baru, khususnya di Bali. Ini kita lakukan untuk menjamin kenyamanan wisatawan di Bali," kata Jonan, dikutip dari rilis Kementerian Pariwisata, Senin (25/12/2017).

Jonan menambahkan, saat ini kondisi kelistrikan Bali memiliki cadangan hampir mencapai 50% dari kebutuhan listrik rata-rata setiap hari. Jumlahnya dinilai sudah sangat mencukupi.

“Ketersedian pasokan listrik di Provinsi Bali menyentuh angka sekitar 1.200 Mega Watt (MW). Sedangkan beban puncaknya itu tidak sampai menyentuh angka 800 MW. Jadi cadangan pasokan listrik yang tersedia di Provinsi Bali hampir menyentuh angka 50%. Sudah aman,” kata Jonan.

Total Daya Mampu Netto (DMN) pasokan listrik di Sub Sistem Kelistrikan Bali adalah sebesar 1.284,4 MW, yang berasal dari Kabel Laut Jawa – Bali sebesar 340 MW, PLTG Gilimanuk 130,44 MW. Lalu PLTU Celukan Bawang 380 MW, PLTG Pemaron 80 MW, dan PLTG/PLTD Pesanggaran sebesar 354 MW. Beban puncak Sub Sistem Kelistrikan Bali adalah sekitar 850 MW.

Jonan menuturka beban Bali sekitar 70 persen terkonsentrasi di daerah selatan, yaitu Denpasar dan sekitarnya. Beberapa Gardu Induk vital di daerah selatan Bali, seperti GI Kapal, GI Pesanggaran, GI Nusa Dua, GI Bandara dan GI Pamecutan Kelod, dipastikan siap.

GM PLN Distribusi Bali Nyoman Suwarjoni Astawa mengatakan, PLN Area Distribusi Bali akan mengerahkan sebanyak 750 personil serta ahli daya. Semuanya bakal fokus mengamankan pasokan listrik selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

"Dari sisi pasokan, jaringan dan distribusi aman semua. Scanning terhadap transmisi, pembangkit distribusi aman semua. Kami lakukan inspeksi intensif untuk pastikan semuanya aman,” jelas Joni.

Joni memaparkan bahwa sejak 22 Desember 2017 hingga 4 Januari 2018, PLN tidak akan melakukan pemeliharaan agar tidak mengganggu selama perayaan. Diprediksi beban puncak selama perayaan akhir tahun tersebut sekitar 805 MW, masih lebih rendah dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Selain menyiagakan petugas, PLN Bali juga akan menyiapkan 27 gardu bergerak supaya ketika trafo jaringan terganggu bisa langsung ditangani. Layanan itu masih ditambah dengan genset 2 unit, 3 unit mobil pendeteksi jika terjadi gangguan serta 13 sepeda motor untuk membantu mendistribusikan petugas apabila ada gangguan.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut positif kesiapan PLN dan Kementerian ESDM ini. Dengan jaminan ini Bali bakal optimal memberikan layanan kepada wisatawan.

"Ini bukti semua concern terhadap pariwisata. Ini memang yang kita butuhkan. Indonesia Incorporated, kerja bersama menjadikan pariwisata sebagai leading sektor ekonomi bangsa," kata Arief

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper