Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buruh Pelabuhan Bakal Mogok 4 Desember

Menjelang rencana aski mogok buruh pelabuhan pada 4 Desember 2017, Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) menghimbau agar buruh pelabuhan atau tenaga kerja bongkar muat (TKBM) tidak melakukan mogok kerja tetapi mengedeapankan sarana dialog untuk mencari solusi persoalan yang terjadi saat ini.
Pekerja memindahkan semen ke atas kapal di Pelabuhan Paotere Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (29/11)./JIBI-Paulus Tandi Bone
Pekerja memindahkan semen ke atas kapal di Pelabuhan Paotere Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (29/11)./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang rencana aski mogok buruh pelabuhan pada 4 Desember 2017, Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) menghimbau agar buruh pelabuhan atau tenaga kerja bongkar muat (TKBM) tidak melakukan mogok kerja tetapi mengedeapankan sarana dialog untuk mencari solusi persoalan yang terjadi saat ini.

“Kalau bisa kami menghimbau jangan sampai mogoklah, sebab jika itu sampai terjadi berdampak pada hambatan layanan di pelabuhan dan gangguan ekonomi nasional. Marilah kita duduk bersama, jangan gunakan cara-cara mogok untuk menyelesaikan masalah,” ujar Ketua Umum DPP APBMI,HM Fuadi  kepada Bisnis, pada Jumat (1/12/2017).

Fuadi mengungkapkan, pihaknya sudah mendengar adanya rencana aksi mogok nasional  yang akan dilakukan TKBM di sejumlah  pelabuhan  di Indonesia terkait akan danya perubahan bentuk pengelolaan penyediaan TKBM di pelabuhan yang selama ini dinaungi oleh induk koperasi TKBM.

“Kita mesti menyikapinya secara bijaksana dan mengedepankan kepentingan  nasional. Apalagi kondisi perdagangan dan perekonomian nasional saat ini  belum sepenuhnya membaik,” ujar Fuadi yang juga CEO Tubagus Jaya Mandiri.

Dikonfirmasi Bisnis, Ketua Umum Induk Koperasi (Inkop)  TKBM, Sugito menyatakan, aksi mogok buruh pelabuhan bakal digelar di  97 pelabuhan di Indonesia oleh serikat pekerja buruh pelabuhan dan pekerja transportasi di masing-masing pelabuhan itu, sedangkan  posisi Inkop TKBM  bersikap mendukung penuh aksi mogok yang akan di gelar pada 4 Desember 2017.

“Sesuai dengan komitmen dan konsolidasi bersama TKBM dan serikat pekerja yang ada, aksi mogok nasional itu akan dilaksanakan pada Senin 4 Desember 2017 di 97 pelabuhan termasuk di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta,” ujarnya.

Sugito menjelaskan, terdapat tiga alasan yang memicu aksi mogok TKBM di pelabuhan, yakni; pertama, karena pemerintah  hendak  mencabut surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri  (menteri perhubungan, menteri koperasi dan menakertrans) yang menjadi dasar eksistensi pengelolaan TKBM oleh induk koperasi TKBM.

“Kami menerima informasi SKB itu akan dirubah  bahwa pengelolaan TKBM akan diperbolehkan lebih dari satu koperasi, bahkan juga sempat dimasukkan boleh berbentuk perseroan terbatas atau badan usaha lainnya. Ini yang  jelas kita tolak,” tuturnya.

Kedua, kata dia, pihaknya juga memprotes dalam setiap perhitungan ongkos pelabuhan pemuatan/ongkos pelabuhan tujuan atau OPP-OPT di pelabuhan yang telah disepakati oleh PT. Pelindo I,II,III dan IV di masing-masing pelabuhan dengan APBMI, saat ini tidak melibatkan koperasi TKBM sebagai pengelola buruh pelabuhan.

Ketiga, mempersoalkan Keputusan Menteri Perhubungan (KM) 35/ 2007 mengenai pedoman perhitungan tarif  pelayanan  jasa bongkar muat dari  dan ke kapal serta Pemenhub 152/2016  Tentang Penyelenggaraan Dan Pengusahaan Bongkar Muat Barang dari dan  ke kapal.

“Pasalnya dalam kedua beleid itu tidak menyebutkan  keterlibatan pengelola TKBM  adalah Koperasi, namun hanya  disebutkan TKBM yang bersertifikat. Dari ketiga alasan itu kami mensinyalir ada upaya sistematis untuk memberangus keberadaan koperasi TKBM yang ada selama ini,” ujar dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper