Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Railink Pasang Mesin Tiket di Bandara Soeta dan Stasiun Sudirman

Operator kereta bandara PT Railink akan memasang empat unit vending machine sebagai bagian dari pengembangan Airport Railways Ticketing System (ARTS) di Stasiun Bandara Soekarno Hatta dan Stasiun Sudirman. ARTS merupakan sistem ticketing yang berbasis online yang bisa diakses melalui Vending Machine, Internet Booking dan Mobile Aplikasi.
Pemandangan pembangunan stasiun Sudirman Baru untuk kereta tujuan bandara, di Jakarta./Antara
Pemandangan pembangunan stasiun Sudirman Baru untuk kereta tujuan bandara, di Jakarta./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Operator kereta bandara PT Railink akan memasang empat unit vending machine sebagai bagian dari pengembangan Airport Railways Ticketing System (ARTS) di Stasiun Bandara Soekarno Hatta dan Stasiun Sudirman. ARTS merupakan sistem ticketing yang berbasis online yang bisa diakses melalui Vending Machine, Internet Booking dan Mobile Aplikasi.

Direktur Operasi dan Teknik Railink Porwanto Handry Nugroho mengatakan ARTS merupakan salah satu inovasi perseroan dalam sistem pertiketan. Sistem sudah dikenalkan kepada publik pada 28 September 2017 lalu di Bandara Soekarno Hatta.

Porwanto mengatakan, ARTS bakal menjadi sistme pertiketan mutakhir di masa yang akan datang karena pembayaran dilakukan secara nontunai, tanpa kartu, dan tanpa operator. "Jadi setiap penumpang dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu perbankan yang mereka miliki baik berupa kartu debet, kartu kredit, maupun prepaid," tambah Porwanto dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Sabtu (30/9/2017).

Untuk menyokong sistem pertiketan tanpa operator, Railink menyediakan vending machine untuk pembelian tiket di samping layanan internet booking dan mobile aplikasi. Railinkg juga telah mengggelontorkan investasi hingga Rp30 miliar dalam setahun terakhir untuk mengembangkan ARTS.

Dalam operasional ARTS, Railinkg telah bekerjasama dengan perbankan, penyedia jaringan, hingga payment gateway. Railink telah menggandenga BCA, Bank Danamon, Bank DKI, Bank Maybank Indonesia, Bank Permata dan Bank QNB. Selain itu, Railink juga berkongsi dengan Telkomsel dengan produk TCASH nya. Sementara dari payment gateway, Railink merangkul DOKU, Midtrans, Artasaja, Finnet dan Kartuku.

"Melalui ARTS, Railink siap mendukung pengoperasian KA Bandara Soekarno-Hatta dalam waktu dekat, dan kami berharap melalui sistem ini sdapat dijadikan sebagai acuan sistem ticketing untuk transportasi publik lainnya," pungkas Porwanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper