Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OK-OCE Ditargetkan Ciptakan 200.000 Lapangan Kerja Baru

Komunitas Gerakan OK-OCE memberi dukungan penuh dalam menyukseskan salah satu program unggulan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI terpilih 2017-2022, Anies Baswedan-Sandiaga Uno.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 04 September 2017  |  15:52 WIB
Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan (kiri) dan Sandiaga Uno. - Antara/M. Agung Rajasa
Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan (kiri) dan Sandiaga Uno. - Antara/M. Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA - Komunitas Gerakan OK-OCE siap all out memberikan dukungan penuh dalam menyukseskan salah satu program unggulan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI terpilih tahun 2017-2022, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, One Kecamatan One Centre of Entrepreneurship (OK-OCE) guna menciptakan 200.000 lapangan kerja baru di DKI Jakarta.

"Program OK-OCE ini diinisiasi dari masyarakat, dilaksanakan oleh masyarakat dan untuk kepentingan masyarakat. Gerakan OK-OCE akan menempatkan Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKM dan Koperasi) sebagai subyek utamanya dalam menggerakkan perekonomian rakyat secara lebih meluas dan ikut menopang perekonomian daerah," kata Ketua Perkumpulan Gerakan OK-OCE, Indra Cahya Uno kepada Bisnis seusai berbicara dalam talkshow bertemakan "Peluang Pembiayaan Syariah Bagi Program OK-OCE" di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta Selatan, pekan lalu.

Dia menjelaskan nantinya di setiap kecamatan diharapkan akan berdiri satu pusat pengembangan kewirausahaan yang akan menjadi lokomotif dalam meningkatkan peran serta pengusaha UMKM dan Koperasi dalam ikut memajukan perekonomian daerah.

Di sana, paparnya, bakal lahir wirausaha-wirausaha baru yang ditargetkan akan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat dan memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pembangunan Ibu Kota Jakarta.

"Gerakan OK-OCE membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk terlibat dalam proses pembangunan dengan menitikberatkan pada partisipasi masyarakat dengan semangat gotong royong di tengah-tengah masyarakat".

Co-Founder OK-OCE, Anggawira menjelaskan Gerakan OK-OCE akan menjadi mitra kerja bagi pemerintah daerah terutama dalam memenuhi target penciptaan lapangan kerja baru sebanyak 200.000.

"OK-OCE akan menjadi hub, menaungi dan mendorong partisipasi masyarakat terlibat aktif dalam proses pembangunan, terutama bagi mereka yang berbasis wirausaha termasuk yang baru memulai usaha [start up] dengan memberikan mereka pelatihan dan supervisi hingga usahanya berjalan," ujarnya.

Sebagaimana dikutip dari situs kampanye Anies-Sandi, jakartamajubersama.com, ada beberapa langkah utama yang akan dilakukan dalam program OK-OCE ini yakni Pertama-Co-working space yang tidak hanya memberikan ruang fisik, namun juga memberikan dukungan modal, akses market, dan mentor bagi pewirausaha. Nantinya akan dilakukan revitalisasi kantor kelurahan, kecamatan, wali kota, sebagai tempat inkubator UMKM dan dukungan untuk modal awal, distribusi hasil produk dan jasa, dan pembekalan kapasitas.

Kedua - mengadakan Garasi Inovasi di setiap kelurahan. Perusahaan dan perguruan tinggi terlibat langsung mendukung eksperimen pemuda mengembangkan produk bernilai ekonomi. Berbagai inovasi akan dikembangkan untuk memberikan solusi bagi persoalan ibukota.

Ketiga - pendampingan Perencanaan Keuangan untuk UMKM dan pewirausaha baru.

Keempat - Jakarta Entrepreneur Mentorship, para pemimpin bisnis Jakarta terlibat langsung sebagai mentor bagi para pengusaha baru. Cara ini juga bisa memberi kesempatan kepada para pemimpin bisnis untuk bertemu mitra potensial.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp anies-sandi
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top