Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Kuasai Pasar Bahan Baku Kertas Alquran di Dunia

Selain sebagai negara Muslim terbanyak di dunia, Indonesia juga ternyata merupakan eksportir utama bahan baku kertas untuk kebutuhan penulisan Alquran di dunia. Kertas untuk Alquran asal Indonesia telah dipakai negara-negara muslim di Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Mesir, Turki, Lebanon yang merupakan pusat percetakan Al Quran bagi seluruh dunia.
Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata
Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata

Bisnis.com, JAKARTA--Selain sebagai negara Muslim terbanyak di dunia, Indonesia juga ternyata merupakan eksportir  utama bahan baku kertas untuk kebutuhan penulisan Alquran di dunia. Kertas untuk Alquran asal Indonesia telah dipakai negara-negara muslim di Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Mesir, Turki, Lebanon yang merupakan pusat percetakan Al Quran bagi seluruh dunia.

Negara-negara Timur Tengah menyukai kertas asal Indonesia karena mempunyai kualitas baik dan pasokan yang berkelanjutan. Indonesia memang unggul dalam pasokan bahan baku karena iklim yang cocok bagi hutan tanaman indusrti (HTI) seperti akasia daneucalyptus yang merupakan bahan baku pulp (bubur kertas) dan kertas.

Pemasok bahan baku kertas bagi kebutuhan Alquran itu adalah Asia Pulp & Paper (APP) - Sinar Mas.  Bahan baku HTI dari Riau tersebut diolah di pabrik kertas di Tangerang melalui PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) dan menghasilkan kulitas kertas Alquran yang tinggi yang mampu bertahan 100 tahun dalam pemakaian normal.

“Kertas untuk Alquran mempunyai persyaratan spesifik, prosesnya harus halal, tekstur halus berikut daya serap terhadap tinta yang baik serta tingkat pencerahan warna kertas yang maksimal. Kami sudah memenuhi semua persyaratan itu melalui produk Quran Paper” kata Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata, belum lama ini.

Suhendra menjelaskan saat ini pihaknya sudah memasok 60% kebutuhan kertas Alquran di dunia pada 2016, mencakup seluruh Asia, Arab Saudi dan Timur Tengah.

Menembus pasar Saudi Arab dan Timur Tengah bukan perkara mudah, apalagi mereka merupakan kiblat dari umat Islam.

Citra Yulia, Product Manager IKPP Tangerang menambahkan proses menembus pasar bahan baku kertas Alquran sudah sudah dilakukan sejak 2002-2003 ketika Indah Kiat mulai memperkenalkan creamish paper berkualitas tinggi yang diperuntukkan bagi pasar Jepang. Produk ini lalu pada 2004 dikembangkan guna memenuhi spesifikasi pencetakan kitab suci Alquran. Uji pasar dilakukan dengan mengapalkan satu kontainer ke Turki dan mendapatkan respons positif dengan memberikan masukan untuk penyempurnaan.

Lalu, pada 2012, produk bahan baku kertas itu sudah mengantongi sertifikat halal dari LPPOM Majelis Ulama Indonesia setelah melalui berbagai uji. Hasilnya,  permintaan terus meningkat, setidaknya sepanjang empat tahun terakhir. 

 Pada 2011 produksi kertas creamish paper yang juga dikenal dengan nama Quran Paper masih tercatat 13.919 ton, namun kemudian meningkat 20% menjadi 16.706 ton pada  2014.

 “Kontribusi creamish paper mencapai 25% hingga 35% dari total produksi Tangerang Mills yang keseluruhan sebesar 10.000 ton per bulan.

Pasar terbesar Quran Paper memang berada di luar negeri. Tak kurang hingga 90% penjualan terjadi di negara-negara yang menjadi sentra pencetakan Alquran dan buku religius di Timur Tengah. Dari keseluruhan pasar di luar negeri, Libanon dan Mesir menjadi yang terbesar, dengan pangsa pasar di masing-masing negara tersebut mencapai hingga 64% dan 50%.

Wakaf Alquran

Selain untuk memenuhi pasar internasional, APP-Snar Mas juga membantu program pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Alquran dalam negeri. Sebagai negara dengan penduduk jumlah umat Islam terbanyak di dunia, pemenuhan kitab suci Alquran ternyata belum terpenuhi. Produksi dan distribusi Alquran ke berbagai daerah Indonesia, terutama wilayah terpencil masih rendah.

Data Kementerian Agama menyebutkan 54% dari total populasi umat Islam di Indonesia masih belum bisa membaca Alquran akibat minimnya distribusi dan pasokan.

Dari kebutuhan pasokan Alquran di Indonesia sebanyak 2 juta ekspemplar per tahun, baru terpenuhi sebanyak 300.000 eksemplar per tahun. Suhendra mengatakan sejak tahun 2008 sampai dengan 2016  APP - Sinar Mas telah mendonasikan 500.000 mushaf Alquran ke berbagai wilayah di Indonesia bersama dengan berbagai mitra. Untuk tahun ini APP Sinar Mas akan kembali mendonasikan 100.000 mushaf Alquran. 

Industri hutan tanaman industri merupakan salah satu keunggulan komparatif Indonesia. Siapa yang menyangka, dari tanaman industri yang mayoritas tersebar di Riau itu, akasia kemudian diolah menjadi kertas berkualitas tinggi untuk bahan baku Alquran yang merupakan kitab suci umat Islam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper