Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pangan Jelang Ramadan, Kemendag Klaim Stok dan Harga Terpantau Stabil

Kementerian Perdagangan mengklaim ketersediaan stok barang kebutuhan pokok menjelang Ramadan dan Lebaran 2017 mencukupi hingga 4-5 bulan ke depan dan harga terpantau stabil
Anissa Margrit
Anissa Margrit - Bisnis.com 03 Mei 2017  |  21:42 WIB
Pangan Jelang Ramadan,  Kemendag Klaim Stok dan Harga Terpantau Stabil
Minyak goreng. - .Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Kementerian Perdagangan mengklaim ketersediaan stok barang kebutuhan pokok menjelang Ramadan dan Lebaran 2017 mencukupi hingga 4-5 bulan ke depan dan harga terpantau stabil.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengklaim tren kenaikan harga yang biasanya terjadi dua bulan menjelang Lebaran kali ini tidak terjadi.

“Biasanya dua bulan menjelang Lebaran terjadi tren kenaikan harga. Namun, kali ini hal itu tidak terjadi dan akan terus kami kontrol. Kenaikan harga biasanya disebabkan ulah para spekulan yang mencoba mencari keuntungan dengan merugikan masyarakat dengan menahan suplai dan dilepas pada saat harga naik,” papar dia dalam pernyataan resmi yang diterima Bisnis, Rabu (3/5/2017).

Hal itu disampaikan Mendag dalam konferensi video dari Semarang, yang dilakukan bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen Pol. Condro Kirono. Video conference dilakukan dengan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Ketua Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Syarkawi Rauf, Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti, serta para kepala daerah.

Untuk itu, Enggar kembali mengingatkan distributor, sub distributor, dan agen untuk memiliki Tanda Daftar Pelaku Usaha Distribusi (TDPUD) Barang Kebutuhan Pokok. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) 20/2017 tentang Pendaftaran Pelaku Usaha Distribusi Barang Kebutuhan Pokok.

Kementerian Perdagangan menegaskan spekulan yang mempermainkan harga bakal dikenakan tindakan hukum.

Di sisi stok, ketersediaan minyak goreng, gula, beras, dan daging sapi disebut aman serta siap digelontorkan jika terjadi kelangkaan dan kenaikan harga.

Stok minyak goreng mencapai 1,5 juta liter, gula 460.000 ton, beras 2,1 juta ton, sedangkan daging sapi beku sebanyak 40.000 ton. Khusus untuk daging sapi beku, Kemendag mengungkapkan dalam waktu dekat akan ada tambahan 51.000 ton.

Di Semarang, Mendag bersama Gubernur Jawa Tengah melakukan rapat koordinasi dan identifikasi bahan pokok menjelang Ramadan dan Lebaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lebaran
Editor : Linda Teti Silitonga
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top