Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

30.000 Ekor Sapi Masuk Asuransi Ternak Jasindo

Kementerian Pertanian menargetkan sebanyak 120.000 ekor sapi bisa masuk program asuransi ternak sepanjang tahun ini.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian menargetkan sebanyak 120.000 ekor sapi bisa masuk program asuransi ternak sepanjang tahun ini.

Kasubdit Pembiayaan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Kartining Sardewi menyampaikan ada 30.000 ekor sapi sepanjang kuartal I tahun ini. Keikutsertaan peternak dalam asuransi ternak sapi ini meningkat dibanding tahun lalu sebesar 20.000 ekor.

"Tahun ini, pemerintah menargetkan ada 120.000 ekor sapi bisa diikutsertakan dalam asuransi ternak sapi," tuturnya dalam Focus Group Discussion Percepatan Pertumbuhan Investasi UKM Bidang Peternakan Sapi Perah di Bogor, Selasa (18/4).

Premi asuransi ternak sapi sebesar Rp200.000 per ekor per tahun dengan nilai pertanggungan sebesar Rp10 juta. Program asuransi ternak yang mendapat subsidi pemerintah ini bekerja sama dengan PT. Jasindo.

Subsidi yang dibayar pemerintah sebesar Rp160.000 atau 80% dari premi dan yang dibayar peternak Rp40.000 per ekor atau 20% dari premi. Dengan perhitungan tersebut, pemerintah menyediakan Rp19,2 miliar untuk subsidi asuransi ternak sapi. Adapun resiko yang ditanggung meliputi kematian sapi disebabkan karena penyakit, kematian karena kecelakaan, dan hilang akibat kecurian.

Dewi menyampaikan minat peternak terhadap asuransi ternak ini karena pemerintah terus mensosialisasikan program ini. Sosialisasi juga makin gencar dilakukan sepanjang tahun ini agar memperoleh target kepesertaan. Program serupa belum cukup sukses pada tahun lalu karena masih tahap ujicoba sejak Juli 2016.

"Dengan mengikuti program ini artinya ada penggantian ketika terjadi kehilangan atau kematian. Dari 20.000 ekor yang ikut tahun lalu, yang mati sudah 122 ekor," imbuhnya.

Ditemui dalam kegiatan serupa, peternak sapi asal Garut Achmad Wahyudin menyampaikan belum mengikutsertakan 30 ekor sapi perah miliknya pada program asuransi ternak sapi yang digagas pemerintah. Menurutnya, nilai pertanggungan yang diberikan sebesar Rp10 juta, masih lebih rendah dari harga sapi miliknya yang berkisar Rp15 juta - Rp17 juta.

Soal ini, Dewi menyampaikan peternak dapat mengikuti program asuransi ternak komersial agar memperoleh nilai pertanggungan lebih besar. Namun, pada program tersebut tidak mendapat subsidi dari pemerintah.

"Angka Rp10 juta sudah kami hitung secara seksama. Angka tersebut diperoleh dari rata-rata harga sapi peserta asuransi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper