Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cuaca Membaik, ASDP Buka Lagi 4 Jalur Lintasan dari Kupang ke Kepulauan

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kupang, Nusa Tenggara Timur, membuka kembali empat jalur lintasan dari Kupang ke sejumlah daerah kepulauan, setelah cuaca dinyatakan layak untuk kegiatan pelayaran di tempat itu.
Angkutan sungai dan penyeberangan/Ilustrasi-Antara
Angkutan sungai dan penyeberangan/Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, KUPANG - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kupang, Nusa Tenggara Timur, membuka kembali empat jalur lintasan dari Kupang ke sejumlah daerah kepulauan, setelah cuaca dinyatakan layak untuk kegiatan pelayaran di tempat itu.

"Baru ada empat lintasan yang akan dibuka pada Selasa (10/1/2017) besok, karena cuaca per hari ini sudah agak membaik," kata Manager ASDP Cabang Kupang, Arnoldus Yansen di Kupang, Senin (9/1/2017).

Dia mengatakan empat lintasan yang dibuka tersebut adalah Kupang-Hansisi (Pulau Semau) pulang pergi, Kupang-Larantuka dengan KMP Ile Ape, Kupang-Rote dengabn KMP Ile Labalekan dan Ile Mandiri serta Kalabahi-Kupang dengan KMP Umakalada.

Sementara itu, dua lintasan lain yang belum dibuka rute Kupang-Sabu dan juga Kupang-Aimere Kabupaten Ngada, karena menurut perkiraan cuaca pada dua lintasan itu, kondisi perairan lautnya belum bersahabat.

"Kita hanya bisa buka beberapa saja terlebih dahulu. Minta maaf karena yang lainnya belum bisa dibuka. Tetapi untuk malam nanti akan ada pelayaran dari Kalabahi ke Kupang," katanya.

Sebelumnya PT ASDP Kupang kembali menutup sejumlah lintasan dari Kupang menuju ke sejumlah rute pelayaran di provinsi kepulauan itu, pascaperingatan BMKG terkait cuaca ekstrim.

Pada awalnya, ASDP menutup semua lintasan penyeberangan dari Kupang sejak 4-7 Januari, tetapi info dari BMKG menyatakan kondisi cuaca masih ekstrim, diputuskan larangan kegiatan pelayaran diperpanjang hingga 10 Januari 2017.

"Pada Sabtu (7/1) kita sempat buka kembali dua jalur penyeberangan ke Rote dan Hansisi, tetapi kapalnya dihantam gelombang akhirnya diputuskan kembali ke Kupang. Kita putuskan kembali menutup semua lintasan penyeberangan," ujarnya.

Cuaca buruk di NTT akhir-akhir ini memang membuat sejumlah pelayaran khusus ASDP dihentikan. Akibat penghentian selama tujuh hari berturut-turut tersebut, PT ASDP mengalami kerugian mencapai Rp1,4 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper