Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lima Perusahaan Ini Sediakan Tempat Kerja Bagi Penyandang Disabilitas

Dalam rangka peringatan kesadaran disabilitas pada Desember lima perusahaan bersepakat menandatangani komitmen untuk memberikan tempat kerja yang inklusif bagi penyandang disabilitas
./bisnis.com
./bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA–  Dalam rangka peringatan kesadaran disabilitas pada Desember lima perusahaan bersepakat menandatangani komitmen untuk memberikan tempat kerja yang inklusif bagi penyandang disabilitas.

International Labour Organization (ILO) Country Director untuk Indonesia, Francesco d’Ovidio mengatakan penyandang disabilitas memiliki potensi yang besar dan dapat dieksplorasi oleh perusahaan dalam mendapatkan akses pekerjaan.

Hal ini seiring dengan hasil riset dari Universitas Indonesia yang menunjukkan hanya 51,12% penyandang disabilitas yang berpartisipasi pada pasar kerja di Indonesia.

“Oleh karena itu adanya jejaring lima perusahaan ini diharapkan dapat menjadi sebuah wadah untuk berbagi dan belajar antara pemberi kerja untuk membangun sebuah lingkungan kerja yang inklusif, kondusif, dan adil,” jelas Francesco d’Ovidio di JS Luwansa, Jumat (16/12/2016).

Adapun lima perusahaan yang bergabung untuk membentuk Jejaring Bisnis dan Disabilitas Indonesia (JBDI) adalah; PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT L’Oreal Indonesia, Standard Chartered Bank, Indonesia, PT TetraPak Stainless Engineering, dan PT Trans Retail Indonesia.

Francesco menegaskan, bahwa mempekerjakan penyandang disabilitas bukanlah tindakan amal. Sebaliknya hal itu adalah kesempatan untuk mereka mengembangkan perusahaan maupun para penyandang disabilitas menuju jalur karier yang lebih baik. 

“Kami pun mengajak perusahaan lain untuk mengikuti langkah dari lima perusahaan ini, karena merupakan hal yang patut dilakukan,” ujarnya.

Ada empat komitmen yang dilaksanakan oleh tim JBDI ini yaitu; mempersiapkan sektor usaha menuju lingkungan kerja yang lebih inklusif, mendukung peran aktif penyandang disabilitas agar siap untuk memasuki dunia kerja, melakukan rekrutmen penyandang disabilitas berbasis potensi dengan cara yang setara dan bersahabat dengan keragaman, serta mendorong program-program kreatif yang dapat meningkatkan daya saing perusahaan sekaligus meningkatkan peran aktif dan kemandirian dari para penyandang disabilitas.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper