Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemensos Luncurkan e-Warong untuk Disabilitas

Memperingati Hari Disabilitas Internasional pada tanggal 3 Desember, Kementerian Sosial Republik Indonesia akan meluncurkan e-warong Kube PHK yang akan dikelola oleh para penyandang disabilitas. Peluncuran e-warong tersebut akan dilakukan di Jember, Jawa Timur oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.
/JIBI-Solopos-Agoes Rudianto
/JIBI-Solopos-Agoes Rudianto

Bisnis.com, MATARAM -- Memperingati Hari Disabilitas Internasional pada tanggal 3 Desember, Kementerian Sosial Republik Indonesia akan meluncurkan e-warong Kube PHK yang akan dikelola oleh para penyandang disabilitas.

Peluncuran e-warong tersebut akan dilakukan di Jember, Jawa Timur oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

"Tanggal 3 besok kita memperingati hari puncak hari Disabilitas Internasional di Jember. Kami akan meluncurkan e-warong yang dikelola oleh penyandang disabilitas. kemudian kita akan meluncurkan kartu berlambang identitas disabilitas internasional dengan menggunakan kursi roda," ujar Khofifah di Mataram, Kamis (1/12/2016).

Khofifah menambahkan, selama ini baru ada 22.500 penyandang disabilitas berat yang mendapatkan fasilitas ASPDB. ASPDB merupakan asistensi sosial penyandang disabilitas berat. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Kementerian Sosial, yang akan menerima ASPDB dalam bentuk Kartu Keluarga Sejahtera akan bertambah sebanyak 125 ribu.

"Saat ini yang sudah ada 22.500 dan akan ditambah sebanyak 125.000 menjadi 147.500 yang akan diluncurkan di Jember," ujar Khofifah.

Menurut Khofifah, nilai bantuan yang diterima oleh pemegang KKS disabilitas tetap sama dengan penerima reguler. Tetapi pada kelompok penerima ASPDB akan mendapatkan nilai bantuan sebesar Rp300 ribu per bulan.

Mengingat tahun ini ada efisiensi yang dilakukan, penerima ASPDB akan mendapatkan bantuan selama 10 bulan. "Kalau ASPDB itu Rp300 ribu per bulan, karena kita kemarin ada efisiensi maka tahun ini mereka terima 10 bulan. Sedangkan yang masuk pada KKSPDB, maka benefitnya per bulan Rp200 ribu selama 12 bulan," ujar Khofifah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper