Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belum Sempurna, Bus Rapid Trans Mataram Tetap Mengaspal

Sarana dan prasarana penunjang Bus Rapid Trans Mataram masih belum sempurna.
Bus Rapid Trans Mataram/Bisnis.com-Eka Chandra Septarini
Bus Rapid Trans Mataram/Bisnis.com-Eka Chandra Septarini

Bisnis.com, MATARAM - Sarana dan prasarana penunjang Bus Rapid Trans Mataram masih belum sempurna. Halte tempat turun naik penumpang masih dianggap belum memadai dan belum mencukupi.

Selain itu, alat untuk tapping untuk e-ticket masih belum dapat dipergunakan. Kendati demikian, bus tersebut tetap dioperasikan sejak hari ini, Senin (21/11/2016) terutama untuk mengangkut para pelajar di wilayah Kota Mataram.

Direktur Utama Perum Damri Sarmadi Usman mengatakan secara bertahap, pihaknya selaku operator bus bersama dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kota akan membenahi layanan yang dirasa masih kurang. Diakui Sarmadi, masih minimnya sarana pendukung yang nyaman dalam pengoperasian Bus Rapid Trans Mataram ini lantaran terbatasnya anggaran yang dimiliki.

"Sebetulnya idealnya halte itu nyaman dinikmati oleh pengguna. Ruang tertutup dengan kaca, berhawa dingin, ada informasi dan bisa mengakomodir untuk penyandang cacat, ibu hamil, jompo, idealnya begitu," ujar Sarmadi di Mataram, Senin (21/11/2016).

Untuk mesin tapping e-ticket, Sarmadi berharap bisa tuntas pada Januari tahun depan, sehingga layanan tiket bus semua dilakukan secara nontunai. Sementara ini, tiket bus akan masih akan menggunakan tiket biasa dan menerima pembayaran tunai sampai mesin tapping e-ticket tersebut tersedia.

"Tidak jauh dari ideal, sudah memenuhi syarat yang ada. Tapi tingkat kenyamanan itu perlu ditingkatkan. Kita maklum karena keterbatasan anggaran itu," ujar Sarmadi.

Hingga saat ini baru terdapat sekitar 30 halte, padahal setidaknya dibutuhkan hingga 400 halte. Solusi sementara kurangnya halte tersebut disiasati dengan memperbanyak bus stop dengan memberi tanda tempat berhenti di pinggir jalan.

Selain itu, bus berbadan besar tersebut juga terhadang sejumlah pohon di pinggir jalan. Karena itu pemangkasan wajib dilakukan di banyak titik, untuk mengakomodir bus dengan tinggi lebih dari tiga meter tersebut.

Ruas sejumlah jalur yang sangat kecil juga menjadi masalah lain sehingga kendaraan tak bisa melaju terlalu cepat. Lokasi berputar di ujung jalur juga sempat menjadi masalah, sebelum akhirnya ada sejumlah titik yang disepakati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper