Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Summarecon Bangun Halte Transjakarta Summarecon Bekasi

PT Summarecon Agung Tbk Bekerjasama dengan PT Transportasi Jakarta meresmikan Halte Transjakarta Summarecon Bekasi yang berlokasi di area Summarecon Mal Bekasi, dekat dengan area Bekasi Food City.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Summarecon Agung Tbk Bekerjasama dengan PT Transportasi Jakarta meresmikan Halte Transjakarta Summarecon Bekasi yang berlokasi di area Summarecon Mal Bekasi, dekat dengan area Bekasi Food City. 

Halte yang merupakan pemberhentian awal dan terakhir di Kota Bekasi khusus rute dari dan menuju Hotel Indonesia dan Tanjung Priuk ini diresmikan oleh Walikota Bekasi Rahmat Effendi yang diwakilkan oleh Asisten II Pemerintah Kota Bekasi Kariman, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono, dan President Director PT. Summarecon Agung Tbk. Adrianto P. Adhi. 

President Director PT. Summarecon Agung Tbk. Adrianto P. Adhi mengatakan diresmikannya fasilitas ini merupakan salah satu bukti komitmen Summarecon dalam membangun kota terpadu. Seperti juga kota-kota besar lainnya, fasilitas dan infrastruktur transportasi menjadi hal yang sangat mutlak karena kota terpadu yang dibangun harus mampu melayani segala kebutuhan dari para penghuni dan masyarakat yang melakukan aktivitas di dalamnya.

Adrianto melanjutkan menurut data Dinas Perhubungan Kota Bekasi setidaknya ada kurang lebih 60% masyarakat Bekasi yang melakukan perjalanan pulang dan pergi ke Jakarta setiap harinya atau sekitar 1,4 juta jiwa dari total penduduk Bekasi sebanyak kurang lebih 2,5 juta jiwa. 

“Kehadiran Halte bus Transjakarta di Summarecon Bekasi diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan warga di wilayah Bekasi Utara dan sekitarnya sehingga dapat menambah jumlah penumpang yang memanfaatkan transportasi masa tersebut,” katanya dalam siaran pers, Rabu (16/11). 

Adrianto menambahkan sejak dibuka pada 24 April 2016 lalu dengan rute Tol Bekasi Barat – Hotel Indonesia, Tol Bekasi Barat – Tanjung Priuk dan Tol Bekasi Timur – Grogol jumlah penumpang dari Bekasi pun terus mengalami peningkatan. 

Tak hanya itu, untuk mendukung program Transjakarta di Kota Bekasi, Summarecon Bekasi menghadirkan Park and Ride, yaitu fasilitas parkir seluas 8.000 m2 yang ditujukan khusus pengguna Transjakarta melalui Halte Transjakarta Summarecon Bekasi. 

Fasilitas penitipan kendaraan yang mampu menampung sebanyak 230 mobil dan lebih dari 50 motor ini telah beroperasi sejak hari Senin, 24 Oktober 2016 lalu. 

Adrianto mengatakan fasilitas Park and Ride terletak di tempat yang strategis yaitu dalam lingkungan parkir Summarecon Mal Bekasi. Tujuan dihadirkannya Park & Ride adalah untuk memudahkan masyarakat yang ingin menggunakan Bus Transjakarta dari Halte Summarecon Bekasi. 

“Pengunjung dan penghuni dapat memanfaatkan fasilitas Park & Ride yang memungkinkan parkir kendaraan di kawasan Summarecon Mal Bekasi sehari penuh dengan tarif yang relatif terjangkau, nyaman dan aman karena fasilitas ini dilengkapi dengan CCTV,” katanya.

Jam operasional Park and Ride dibuka pada hari kerja (Senin – Jumat) dari pukul 04.00 - 22.00 WIB (pos masuk) serta 04.00 - 24.00 WIB (pos keluar). Untuk akhir pekan (Sabtu dan Minggu) serta libur nasional, pos tidak difungsikan dan tarif berlaku sesuai parkir umum (tarif progresif mal). 

Adapun tarif yang dikenakan untuk penitipan kendaraan yaitu mobil : Rp.10.000,- datar (Lewat dari jam 24:00 dikenakan biaya inap Rp.50.000,-) dan motor : Rp. 5.000,- datar (Lewat dari jam 24.00 dikenakan biaya inap Rp.25.000,-).

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono menyebutkan dipilihnya Summarecon Bekasi sebagai salah satu rute yang dikembangkan oleh PT Transportasi Jakarta adalah karena lokasi yang strategis, selain itu fasilitas yang dikembangkan yaitu Park & Ride yang dianggap sebagai fasilitas penunjang yang baik bagi masyarakat sekitar. 

“Berdasarkan data yang ada, diperkirakan 20.000 sampai 25.000 pelanggan dari Bekasi yang terangkut oleh bus Transjakarta setiap harinya dengan total armada bus sebanyak 60 armada,” tambah Budi.

Adapun pengembangan rute yang tersedia dari Halte Transjakarta Summarecon Bekasi yaitu Rute Summarecon Bekasi - HI (Halte Tosari), Rute Bundaran HI (Halte Tosari) - Summarecon Bekasi, Rute Summarecon Bekasi - Tanjung Priok dan Rute Tanjung Priok - Summarecon Bekasi. 

Sebelumnya, Kota Summarecon Bekasi yang mengusung konsep modern compact city telah terkoneksi dengan transportasi publik seperti Moli atau mobil lingkungan berkonsep e-ticketing dan Shuttle Bus.

Kota Summarecon Bekasi juga dapat diakses dari tol Jakarta-Cikampek (exit Tol Bekasi Barat), tol JORR, Jalan Kalimalang, maupun melalui jalur komuter kereta api. Kedepannya akan ada Tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) dan LRT (Cawang-Bekasi) yang memudahkan akses ke Bandara Halim Perdanakusuma. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper