Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Bangka Tengah Dorong Warga Pulihkan Lahan Kritis

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong masyarakat untuk memulihkan lahan kritis menjadi produktif dan bernilai ekonomis.
Lahan kritis/Ilustrasi
Lahan kritis/Ilustrasi

Bisnis.com, BANGKA TENGAH - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong masyarakat untuk memulihkan lahan kritis menjadi produktif dan bernilai ekonomis.

"Tidak dipungkiri di daerah ini banyak lahan kritis akibat aktivitas penambangan bijih timah, justeru itu harus dipulihkan kembali dengan menyulap lahan kritis menjadi produktif," kata Plt Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Minggu (13/11/2016).

Dia menjelaskan di antara upaya memulihkan lahan kritis tersebut adalah dengan mengolahnya kembali menjadi lahan pertanian dengan pola diseminasi yaitu menggabungkan areal pertanian dengan peternakan.

"Memang program ini membutuhkan waktu cukup lama untuk memulihkan lahan kritis, justeru itu membutuhkan tekad yang kuat dan semangat yang tinggi dari masyarakat," ujarnya.

Pemerintah daerah kata dia tentu terus mendorong dengan membuat program yang mengarahkan kepada sektor pertanian dan para penyuluh tetap menjadi ujung tombak di lapangan.

"Ini juga secara tidak langsung membantu program reklamasi lahan yang rusak akibat aktivitas penambangan bijih timah yang dilakukan secara sporadis atau tidak memperhatikan aspek ramah lingkungan," ujarnya.

Pihaknya siap bekerja sama dengan Balai Besar Penelitian dan Sumberdaya Lahan Pertanian dan Badan Penelitian Pengembangan Pertanian Provinsi Babel.

"Intinya kami mengajak masyarakat untuk peduli dan melestarikan lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik karena merusak alam sama artinya merusak masa depan anak cucu kita," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper