Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

10 Pabrik Beli Sawit Petani dengan Harga Tinggi

Sebanyak 10 pabrik di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak dua pekan terakhir membeli sawit dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga yang ditetapkan oleh tim perumus harga komoditi perkebunan tersebut sebesar Rp1.491 per kilogram.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 07 November 2016  |  17:59 WIB
Ilustrasi kelapa sawit - Reuters/Samsul Said
Ilustrasi kelapa sawit - Reuters/Samsul Said

Bisnis.com, MUKOMUKO - Sebanyak 10 pabrik di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak dua pekan terakhir membeli sawit dengan harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga yang ditetapkan oleh tim perumus harga komoditi perkebunan tersebut sebesar Rp1.491 per kilogram.

"Selama dua pekan ini harga sawit di pabrik lebih tinggi dibandingkan dengan harga penetapan tim perumus harga komoditi perkebunan tersebut," kata Kasi Budi Daya Perkebunan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Sudianto di Mukomuko, Senin (7/11/2016).

Ia menyebutkan, saat ini pabrik PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA) membeli sawit petani dengan harga sebesar Rp1.430 per kilogram (Kg), naik dibandingkan dengan harga sebelumnya sebesar Rp1.400 per kg.

Sedangkan pabrik PT Karya Sawitindo Mas (KSM) membeli sawit dengan harga sebesar Rp1.530 per kg, naik dibandingkan sebelumnya sebesar Rp1.430 per kg.

"PT KSM membeli sawit dengan harga tingggi guna mengimbangi harga pabrik PT USM yang membeli sawit petani dengan harga sebesar Rp1.560 per kg," ujarnya.

Pabrik PT USM ini, katanya, merupakan cabang dari pabrik PT BMK di Kecamatan Sungai Rumbai. PT BMK selama ini membeli sawit petani dengan harga tinggi.

"Pabrik PT BMK membeli sawit petani setempat dengan harga sebesar Rp1.560 per kg," ujarnya.

Ia minta, seluruh pabrik kelapa sawit di daerah itu membeli sawit petani setempat minimal sesuai dengan harga ketetapan tim perumus harga komoditi perkebunan tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tbs harga sawit

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top