Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Capacity Building untuk Daerah Rawan Kekeringan

Yayasan Masyarakat Peduli Nusa Tenggara Barat (YMP - NTB) bekerja sama dengan Aqua melaksanakan program peningkatan akses air minum, sanitasi, dan penyehatan lingkungan di NTB.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, MATARAM - Yayasan Masyarakat Peduli Nusa Tenggara Barat (YMP - NTB) bekerja sama dengan Aqua melaksanakan program peningkatan akses air minum, sanitasi, dan penyehatan lingkungan di NTB.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan capacity building kepada masyarakat agar dapat mengakses pembiayaan microfinance dalam membangun proyek air bersih di wilayahnya.

"Kontribusi Aqua sudah diimplementasikan melalui berbagai macam kegiatan sejak 2007 pada daerah-daerah yang membutuhkan akses air minum bersih," ujar Okta Fitrianos selaku Development Manager Danone Aqua di Mataram, Kamis (13/10/2016).

Lebih lanjut, Okta mengatakan program peningkatan capacity building ini bekerja sama dengan LSM luar negeri yaitu water.org dan sudah diterapkan di beberapa daerah.

"Microfinancing skemanya capacity building untuk masyarakat yang membutuhkan akses kredit ke bank untuk mengoptimalkan pengadaan air bersihnya. Capacity builiding ini dilakukan agar mereka punya skema-skema yang bankable untuk membangun proyek air bersihnya," ujar Okta.

Wilayah Lombok Timur dipilih sebagai wilayah sasaran berdasarkan rekomendasi Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) Nasional. Daerah tersebut masuk dalam peta rawan air minum dan sanitasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper