Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Makin Bergairah, Indonesia International Halal Lifestyle Expo & Conference Digelar

Pasar produk muslim semakin membesar sejak awal 2000 tetapi kegiatan terkait dengan industri berbasis halal belum pernah digelar.
Ketua Halal Lifestyle Center Sapta Nirwandar/Jibi
Ketua Halal Lifestyle Center Sapta Nirwandar/Jibi

Bisnis.com, JAKARTA - Pasar produk muslim semakin membesar sejak awal 2000 tetapi kegiatan terkait dengan industri berbasis halal belum pernah digelar.
 
Wakil Ketua Indonesia Halal Lifestyle Center Euis Saedah mengungkapkan kesadaran masyarakat Indonesia akan produk halal saat ini semakin semakin tinggi. Hal itu ditandai dengan tren hijabers, busana muslim, hingga produk makanan halal.

"Namun, aktivitas terkait dengan isu industri yang berbasis halal belum pernah digelar di Indonesia. Padahal, di luar negeri, konferensi dan pameran tentang industri berbasis halal sudah dilakukan," kata Euis.

Mereka melihat pertumbuhan segmen muslim yang signifikan di dunia sebagai peluang bisnis. Oleh karena itu, negara seperti Korea, Rusia, Meksiko, Jepang, dan Spanyol yang notabene bukan negara dengan berpenduduk muslim yang besar, telah memiliki kegiatan terkait dengan  industri halal.

Berangkat dari fakta itulah, akhirnya Indonesia Halal Lifestyle Center menggelar event akbar Indonesia International Halal Lifestyle Expo & Conference 2016 (IIHLEC). Kegiatan yang baru pertama kali digelar itu akan diselenggarakan pada 6-8 Oktober 2016 di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

"Melalui cara ini, kami berharap Indonesia juga akan menjadi salah satu negara yang tercatat menjadi penyelenggara Halal Expo dan Conference," ungkap Sapta Nirwandar, Ketua Halal Lifestyle Center.

Pada 2017 dan 2018, dia berharap semoga kegiatan itu sudah masuk agenda global untuk bulan Oktober.

Euis mengatakan, IIHLEC 2016 akan mengusung 10 sektor yang menjadi bagian dari gaya hidup halal.

Ke-10 sektor yang akan menjadi show case tersebut adalah makanan, pariwisata, fashion, kosmetik, pendidikan, finansial, farmasi, media dan rekreasional, layanan kesehatan dan kebugaran, serta seni dan budaya.

Pada hari pertama misalnya, IIHLEC 2016 akan diisi dengan konferensi yang membahas tentang Halal Lifestyle: Global Trend and Business Opportunity.

Pada kesempatan itu, akan ditampilkan sejumlah pakar di bidang industri halal. Acara lainnya adalah pagelaran seni budaya, seperti fashion show yang menampilkan koleksi rancangan Dian Pelangi, Deden Siswanto, El Hijab, Irna Mutiara, dan L Tru.

"Akan ada juga pemutaran film 'Kalam-Kalam Langit' dan konser musik Dwiki Darmawan & Orchestra yang akan membawakan sejumlah aransemen musik bernuansa religi. Dari seluruh rangkaian kegiatan IIHLEC 2016," kata Euis.

IIHLEC 2016 merupakan agenda pertama dari Indonesia Halal Lifestyle Center, yang memang baru didirikan pada awal tahun 2016.

"Ke depan, kami akan lebih giat menggelar kampanye edukasi seputar isu halal di Indonesia," ujar Euis, yang mematok jumlah pengunjung pada even IIHLEC 2016 akan mencapai 9.000 orang dari dalam maupun luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper