Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lima PLTS Segera Dibangun di Alor

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Nusa Tenggara Timur Boni Marisin mengatakan, pemerintah segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di lima lokasi di Kabupaten Alor, Manggarai Barat, dan Rote Ndao.
Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)/Antara
Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)/Antara

Bisnis.com, KUPANG - Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Nusa Tenggara Timur Boni Marisin mengatakan, pemerintah segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di lima lokasi di Kabupaten Alor, Manggarai Barat, dan Rote Ndao.

"Untuk lokasi pembangunan PLTS tersebut belum ditentukan secara pasti namun sudah lima titik lokasi yang dibagi, satu di Manggarai Barat, satu di Rote Ndao, dan tiga di Alor," katanya kepada Antara di Kupang, Senin (26/9/2016).

Dia mengatakan, pembangunan energi baru terbarukan (EBT) dengan memanfaatkan sumber tenaga Matahari tersebut merupakan program Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang dieksekusi melalui Direktorat Jenderal EBT.

"Pembangunan tersebut rencananya akan dilakukan tahun 2016 dengan sumber pendanaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN)," katanya.

Pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM tengah mendorong pengembangan energi listrik diberbagai daerah seluruh Indonesia berbasiskan EBT.

Dalam program "Indonesia Terang" yang digagas Kementerian ESDM akan menyumbang 1000 megawatt dari total secara nasional sebanyak 35.000 megawatt sampai tahun 2019.

Boni mengatakan, program tersebut mengutamakan pembangunana listrik hingga ke desa-desa tanpa menggunakan energi fosil melainkan berbasis EBT.

"Untuk lima lokasi pembangunan PLTS tersebut nantinya akan bisa memberikan pasokan listrik secara memadai ke desa-desa yang ada di sekitarnya," katanya.

Menurut dia, pembangunan PLTS di provinsi kepulauan ini sangat potensial karena didukung dengan kondisi cuaca yang panas yang tinggi sehingga cocok dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.

Oleh karenanya, dia mengatakan, pihaknya terus berupaya mendorong berbagai pihak terutama swasta untuk berinvestasi untuk pengembangan EBT.

"Kita punya potensi arus laut, air, angin, dan panas yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan EBT," katanya.

Boni menyebutkan pengembangan EBT yang sudah dilakukan di berbagai daerah seperti mikrohidro di Pulau Sumba, gheotermal di Pulau Flores.

Menurut dia, pengembangan EBT yang memadai akan membantu pasokan listrik secara memadai hingga ke berbagai daerah pelosok sehingga dengan begitu akan meningkatkan rasio elektrifikasi.

"Rasio elektrifikasi kita juga masih rendah dengan kisaran sekitar 58 persen. Kita berharap EBT bisa berkembang baik untuk menambah kebutuhan listrik sehingga bisa meningkatkan rasio elektrifikasi," demikian Boni Marisin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper