Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jasa Kurir Berbasis Aplikasi Gencarkan Kerja Sama dengan Perbankan

Perusahaan logistik dan jasa kurir asal Singapura, Ninja Van, yang baru melakukan ekspansi ke Indonesia membuka layanan kurir berbasis aplikasi yaitu Ninja Xpress, yang siap kerja sama dengan perbankan untuk membuka layanan pembayaran secara nontunai.
GrabBike/Antara
GrabBike/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan logistik dan jasa kurir asal Singapura, Ninja Van, yang baru melakukan ekspansi ke Indonesia membuka layanan kurir berbasis aplikasi yaitu Ninja Xpress, yang siap kerja sama dengan perbankan untuk membuka layanan pembayaran secara nontunai.

Indra Wiralaksmana, Country Head Ninja Xpress di Indonesia mengatakan, nilai tambah Ninja Xpress adalah menyediakan layanan cash on delivery (COD) yang menjadi andalan konsumen untuk membayar secara tunai saat paket yang diantarkan sampai ke tujuan.

“Kami memakai sistem COD, karena masyarakat Indonesia budayanya masih sangat terbiasa dengan pembayaran tunai,” kata Indra, Selasa (6/9/2016).

Meskipun begitu, Ninja Xpress tidak menutup mata telah terjadi pergeseran pola pembayaran di masyarakat Indonesia saat ini. Oleh sebab itu, Indra menyatakan, Ninja Xpress tidak hanya akan meningkatkan layanan tunai,  juga mengembangkan layanan pembayaran nontunai.

Menurut Indra, seiring dengan perkembangan e-commerce dan untuk meningkatkan transparansi, Ninja Xpres juga akan melakukan pendekatan pembayaran non-cash.

“Dengan meningkatkan pembayaran melalui transaksi secara online, maka ke depannya juga kami tidak hanya mengembangkan COD, tetapi juga non COD. Kita juga akan meninjau potensi memasuki area-area kerjasama dengan perbankan,” ungkapnya.

Sementara, bagi mitra pengemudi Grab dapat memanfaatkan akun mandiri e-cash pada aplikasi Grab untuk menambah (top-up) kredit Grab dengan lebih mudah dan cepat, sehingga dapat mendukung mitra pengemudi dalam pekerjaan mereka.

Integrasi ini didukung oleh PT Digital Artha Media sebagai penyedia sistem mandiri e-cash juga memungkinkan mitra pengemudi Grab memindahkan saldo tunainya ke dalam akun mandiri e-cash dan selanjutnya dapat menarik tunai dana tersebut di semua jaringan ATM Mandiri hanya dengan menggunakan ponsel-nya dari akun mandiri e-cash.

Menurut Rico Usthavia Frans, Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri, pihaknya dan Grab langsung memulai proses integrasi mandiri e-cash pada aplikasi dan layanan Grab khusus bagi pengguna ponsel pintar berbasis Android, dan selanjutnya akan diimplementasikan pada platform iOS.

Langkah ini sejalan dengan strategi perseroan untuk menyukseskan Gerakan Nasional Nontunai bersama dengan mitra yang memiliki basis konsumen yang luas dengan potensi bisnis yang besar.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper