Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Maskapai Indonesia Kembali Diizinkan Terbangi Langit Amerika

Administrasi Penerbangan Federal Amerika (Federal Aviation Administration) menaikkan rating keselamatan penerbangan Indonesia yang selama ini dinilai buruk
Pesawat Garuda Indonesia/JIBI-Nurul Hidayat
Pesawat Garuda Indonesia/JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com,JAKARTA— Administrasi Penerbangan Federal Amerika (Federal Aviation Administration) menaikkan rating keselamatan penerbangan Indonesia yang selama ini dinilai buruk.

Dengan penaikan peringkat ini, sejumlah maskapai Indonesia akan diizinkan untuk terbang ke langit Amerika. Seperti diberitakan Bloomberg, Senin (15/8/2016) Garuda Indonesia berpotensi memanfaatkan hal ini untuk memperluas jaringan penerbangannya.

Pihak Kementerian Perhubungan disebut menerima surat dari Kedutaan Amerika yang menyatakan bahwa Indonesia saat ini berada di Kategori 1 yang berarti maskapai lokal termasuk Garuda Indonesia diizinkan untuk terbang ke Amerika dan membuat perjanjian code sharing dengan maskapai Amerika.

Pada 2007 lalu FAA menurunkan rating keselamatan penerbangan Indonesia ke Kategori 2 berlatarkan kekhawatiran serius atas pengawasan keselamatan penerbangan sipil oleh regulator serta sistem pengendalian operasional.

“Ini merupaka sebuah pencapaian yang sudah ditunggu sejak 2007. Ada beberapa maskapai yang siap untuk terbang ke Amerika,” sebut Direktur Jenderal Perhubungan Udara seperti dikutip dari Bloomberg.

Rating yang lebih tinggi ini memberi kesempatan bagi Garuda, yang akhirnya bisa memperolah untung tahun lalu, seiring dengan diizinkannya maskapai tersebut untuk menambah rute menguntungkan ke Amerika Utara. Penaikan rating ini menyusul pencabutan larangan terbang oleh Eropa untuk tiga maskapai Indonesia yakni Lion Air, Batik Air, dan Citilink. Sejauh ini hanya Garuda yang menggarap rute ke Eropa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper