Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Internasional Kertajati Akan Dilengkapi Pusat Pelatihan Penerbangan

Mengantisipasi kebutuhan SDM untuk Bandara Internasional Kertajati, di Majalengka akan didirikan pusat pelatihan penerbangan BIJB Academy.
Ilustrasi: Rencana induk Kertajati Aerocity/skycrapercity.com
Ilustrasi: Rencana induk Kertajati Aerocity/skycrapercity.com

Bisnis.com, BANDUNG - Mengantisipasi kebutuhan SDM untuk Bandara Internasional Kertajati, di Majalengka akan didirikan pusat pelatihan penerbangan BIJB Academy. 

PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) akan mendirikan BIJB Academy, pusat pelatihan penerbangan sebagai penunjang sumber daya manusia Bandara Internasional Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jabar.

"BIJB Academy ini sebagai sumbangsih PT BIJB kepada masyarakat Kabupaten Majalengka. Jadi, jangan sampai terjadi ketika Bandara Kertajati diresmikan dan beroperasi, masyarakat sekitar berperan hanya sebagai 'cleaning service' atau petugas porter," kata Direktur Teknik dan Pengembangan PT BIJB Yon Sugiono Kahfie, di Bandung, Minggu (26/6/2016).

Ia menjelaskan alasan lain mendirikan BIJB Academy adalah pengelolaan operasional Bandara Kertajati akan dengan teknologi terkini dan canggih.

"Aspek SDM (sumber daya manusia)-nya harus bersertifikat, nah itu harus disiapkan. Untuk itu kami akan membentuk aviation training center, sekolah pelatihan dunia penerbangan yang disebut dengan BIJB Academy," kata dia.

Menurut dia, PT BIJB akan bekerja sama dengan pihak-pihak yang memiliki izin pelatihan di dunia penerbangan, misalnya, untuk sektor aviation security lisensinya dari Kementerian Perhubungan.

"Kemudian juga untuk tenaga operasional bandara, ada untuk tenaga aircraft movements itu juga kan memang harus benar-benar yang bersertifikat," ujarnya.

Selain itu, lanjut Yon, PT BIJB juga akan membuka opsi untuk melakukan kerja sama dengan sekolah menengah kejuruan atau perguruan tinggi di Kabupaten Majalengka terkait pendirian BIJB Academy ini.

"Kami juga akan bekerja sama dengan sekolah dan perguruan tinggi yang memiliki kelas tentang dunia penerbangan seperti SMK penerbangan dan Universitas Majalengka," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper