Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMILU PRESIDEN AS: Sosok Donald Trump Muncul, Dubes AS Sebut Investasi di Asean Tak Berhenti

Duta Besar Amerika Serikat untuk Singapura Kirk Wagar mengatakan sektor swasta Amerika tidak akan menghentikan investasi yang sudah berlangsung selama tujuh dekade di Asia Tenggara hanya karena berubahnya profil penghuni Gedung Putih.
Calon presiden AS Donald Trump./Reuters
Calon presiden AS Donald Trump./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Duta Besar Amerika Serikat untuk Singapura Kirk Wagar mengatakan sektor swasta Amerika tidak akan menghentikan investasi yang sudah berlangsung selama tujuh dekade di Asia Tenggara hanya karena berubahnya profil penghuni Gedung Putih.

Menyadari banyaknya pertanyaan yang dipicu oleh pencalonan Donald Trump, Wagar mengatakan seiring dengan hingar bingar proses demokrasi di negaranya, Amerika Serikat telah membangun sistem sistem pengawasan dan keseimbangan.

 “Satu hal yang selalu dilupakan adalah sektor swasta,” kata Wagar dalam sebuah wawancara seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (6/6/2016).

Dengan mengestimasi bahwa sekitart 50 juta penduduk Asia Tenggara sudah bekerja atau memiliki hubungan dengan perusahaan Amerika selama lebih dari 70 tahun, menurut Wagar strategi investasi para petinggi bisnis Amerika seperti CEO Microsoft, Facebook, atau General Motor tidak akan dipengaruhi oleh siapapun yang duduk di gedung putih baik itu Barack Obama, Hillary Clinton, atau Donald Trump.

Majunya Trump sebagai calon presiden presiden dan sikpanya yang menentang Trans Pacific Partnership oleh 12 negara yang diketuai Amerika Serikat memicu kekhawatiran di negara-negara Asia Tengara yang menduga bahwa strategi rebalancing Asia yang dicetuskan Obama mungkin akan mendadak berubah jika Trump terpilih sebagai presiden dalam November mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper