Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Kaltim: Lulusan Kedokteran Harus Mau Ditempatkan di Pedalaman

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berharap seluruh lulusan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Mulawarman yang telah menyandang predikat dokter umum harus siap ditempatkan di wilayah pedalaman, perbatasan dan terpencil di wilayah ini.
Dokter. /gva.be
Dokter. /gva.be

Bisnis.com, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berharap seluruh lulusan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Mulawarman yang telah menyandang predikat dokter umum harus siap ditempatkan di wilayah pedalaman, perbatasan dan terpencil di wilayah ini.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan masih banyak wilayah yang ada di Kaltim membutuhkan dokter.

"Diharapkan, apabila telah menyandang status dokter, kemudian harus  mau ditempatkan di daerah pedalaman, dan  penenmpatan di daerah tersebut jangan jadi batu loncatan. Artinya, harus ada jiwa pengabdian terhadap masyarakat," ujarnya, Senin (6/6/2016).

Pihaknya berharap lulusan dokter dari Unmul dapat tersebar di 10 kabupaten/kota di Kaltim sebagai upaya pemerataan tenaga kesehatan di daerah.

Untuk penyelesaian distribusi tenaga kesehatan termasuk dokter yang tidak merata, lanjut Awang,  akan dilakukan beberapa cara yaitu mengimplementasikan UU No 23 Tahun 2014 yaitu untuk dokter spesialis, pemerintah pusat perlu menetapkan penempatan dokter spesialis dan dokter gigi spesialis bagi daerah yang kurang mampu dan tidak diminati.

"Kemudian kabupaten dan kota diharapkan mengimplementasikan redistribusi tenaga kesehatan dengan melaksanakan Surat Edaran Menpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 tahun 2012 Tentang Redistribusi dan Peningkatan Kualitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) Bidang Pelayanan Dasar," katanya.

Menurutnya, perlu adanya regulasi yang mengatur penempatan wajib bagi dokter spesialis dalam waktu tertentu.

Selain itu, juga diatur sanksi yang tepat bagi dokter spesialis Program Pendidikan Dokter Spesial (PPDS) yang tidak mau ditempatkan di rumah sakit  daerah.

"Perlu penambahan formasi PNS kesehatan di daerah dalam rangka pemenuhan tenaga kesehatan di Puskesmas dan rumah sakit. Kita juga perlu mendayagunakan penempatan dokter intensif dalam mengisi rumah sakit dan Puskesmas khususnya di wilayah pedalaman dan perbatasan Kaltim," ucap Awang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper