Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub akan Periksa SOP Indonesia Air Asia

Kementerian Perhubungan akan melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap standar operasi dan manajemen Indonesia AirAsia, menyusul adanya kesalahan dalam penanganan penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali
Air Asia/en.wikipedia.org
Air Asia/en.wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA— Kementerian Perhubungan akan melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap standard operasi dan manajemen Indonesia AirAsia, menyusul adanya kesalahan dalam penanganan penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

“Keputusan tersebut merupakan hasil rapat koordinasi bersama instansi terkait 16 Mei 2016,” ujar Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Bali dan Nusa Tenggara Yusfandri Gona dalam siaran pers, Rabu (18/05/2016).

Dia menambahkan bahwa rapat koordinasi tersebut juga menyepakati bahwa Kantor Imigrasi Kelas I Bandara I Gusti Ngurah Rai juga akan melakukan pemeriksaan lebih mendalam terkait kasus tersebut sesuai dengan Undang-Undang Keimigrasian.

Selain itu, lanjutnya, Otoritas Bandara juga akan menyiapkan Kantor Pengawasan Orang Asing (PORA) yang melaksanakan fungsi koordinasi, konsultasi dan eksekusi terhadap segala permasalahan yang menyangkut orang asing di bandara.

Seperti diketahui, pada 16 Mei 2016, Indonesia Air Asia melakukan kesalahan penanganan penumpang. Sebanyak 48 penumpang Indonesia Air Asia QZ509 rute Singapura-Denpasar datang melalui terminal domestik, bukan dari seharusnya di terminal internasional.

Berdasarkan hasil investigasi sementara dari Kementerian Perhubungan, kekeliruan penanganan penumpang disebabkan keraguan dan miskomunikasi antara supir bus Indonesia AirAsia dengan flight controller.

Akibat kekeliruan tersebut, satu penumpang asal Selandia Baru terlanjur ke luar dari terminal domestik. Meski begitu, penumpang yang bersangkutan akhirnya melapor ke Kantor Imigrasi Bandara untuk stamp immigration clearance, pada 17 Mei 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper