Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DANA DESA: Praktik Sawit Berkelanjutan Didanai

Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) akan menggunakan Dana Desa untuk memperkuat implementasi praktik sawit berkelanjutan dengan membangun Desa Sawit Lestari
Bisnis.com, JAKARTA -- Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) akan menggunakan Dana Desa untuk memperkuat implementasi praktik sawit berkelanjutan dengan membangun Desa Sawit Lestari.
 
Hal itu dipaparkan Ketua SPKS Mansuetus Darto, yang menyatakan bahwa salah satu cara strategis untuk menciptakan sawit lestari adalah menjadikan desa sebagai pemangku kepentingan. Hal itu untuk mempercepat produksi sawit berkelanjutan.
 
"Dengan mengintegrasikan perangkat, peraturan dan dana desa yang tersedia, petani sawit akan mendapatkan dukungan penuh dalam mengimplementasikan praktik bertani yang bertanggungjawab dan berkelanjutan," tegas Darto dalam rilisnya yang dikutip Rabu (20/4/2016).
 
SPKS menyatakan salah satu upaya adalah membangun Desa Sawit Lestari pada tiga desa yakni Desa Sei Kijang, Desa Simpang Beringin dan Desa Muda Setia. Ketiga desa itu berada di Kabupaten Pelalawan, Riau. 
 
SPKS menyatakan ide Desa Sawit Lestari ini muncul tatkala petani sawit sering dihadapkan dengan berbagai permasalahan, seperti, produktivitas yang terus menurun dan harga sawit yang juga turun. Produktivitas yang turun disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya, bibit dan pupuk yang kurang baik, kurangnya pengetahuan petani tentang praktik bertani berkelanjutan dan teknologi yang dapat membantu meningkatkan produktivitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper