Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DANA DESA: Praktik Sawit Berkelanjutan Didanai

Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) akan menggunakan Dana Desa untuk memperkuat implementasi praktik sawit berkelanjutan dengan membangun Desa Sawit Lestari
Anugerah Perkasa
Anugerah Perkasa - Bisnis.com 20 April 2016  |  07:31 WIB
DANA DESA: Praktik Sawit Berkelanjutan Didanai
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA -- Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) akan menggunakan Dana Desa untuk memperkuat implementasi praktik sawit berkelanjutan dengan membangun Desa Sawit Lestari.
 
Hal itu dipaparkan Ketua SPKS Mansuetus Darto, yang menyatakan bahwa salah satu cara strategis untuk menciptakan sawit lestari adalah menjadikan desa sebagai pemangku kepentingan. Hal itu untuk mempercepat produksi sawit berkelanjutan.
 
"Dengan mengintegrasikan perangkat, peraturan dan dana desa yang tersedia, petani sawit akan mendapatkan dukungan penuh dalam mengimplementasikan praktik bertani yang bertanggungjawab dan berkelanjutan," tegas Darto dalam rilisnya yang dikutip Rabu (20/4/2016).
 
SPKS menyatakan salah satu upaya adalah membangun Desa Sawit Lestari pada tiga desa yakni Desa Sei Kijang, Desa Simpang Beringin dan Desa Muda Setia. Ketiga desa itu berada di Kabupaten Pelalawan, Riau. 
 
SPKS menyatakan ide Desa Sawit Lestari ini muncul tatkala petani sawit sering dihadapkan dengan berbagai permasalahan, seperti, produktivitas yang terus menurun dan harga sawit yang juga turun. Produktivitas yang turun disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya, bibit dan pupuk yang kurang baik, kurangnya pengetahuan petani tentang praktik bertani berkelanjutan dan teknologi yang dapat membantu meningkatkan produktivitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sawit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top