Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDUSTRI TRANSPORTASI: Blue Bird Tegaskan Siap Bersaing

Berkaitan dengan maraknya perkembangan moda transportasi darat berbasis aplikasi, PT Blue Bird Tbk. (BIRD) menegaskan sikapnya untuk siap berkompetisi dan terus menjadi market leader di Indonesia dengan emprioritaskan aspek safety dan pelayanan.
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meluncurkan Taksi Blue Bird jenis MPV/Bisnis.com-Gloria Fransisca
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meluncurkan Taksi Blue Bird jenis MPV/Bisnis.com-Gloria Fransisca

Bisnis.com, JAKARTA — Berkaitan dengan maraknya perkembangan moda transportasi darat berbasis aplikasi, PT Blue Bird Tbk. (BIRD) menegaskan sikapnya untuk siap berkompetisi dan terus menjadi market leader di Indonesia dengan emprioritaskan aspek safety dan pelayanan.

Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Purnomo Prawiro mengungkapkan pengelola armada taksi ini siap berkompetisi di tengah perkembangan dan kompetisi industri transportasi.
Dengan pengalaman bertahun-tahun, Blue Bird telah membuktikan perusahaan justru tumbuh signifikan ketika ada kompetitor baru.

“Namun demikian, tentu persaingan harus terjadi dalam iklim industri yang berada dalam kesetaraan regulasi (same level playing field),” tambahnya dalam siaran pers, Kamis (17/3/2016).

Dalam inovasi teknologi, dia mengatakan Blue Bird tercatat sebagai perusahaan pertama di dunia yang mengembangkan pemesanan taksi melalui mobile app pada tahun 2011 di sistemBlackberry.

Saat ini, aplikasi bernama My Blue Bird ini jugatersedia di berbagai platform seperti Android dan iOS. Tentunya, aplikasi ini ke depannya akan terus dikembangkan sesuai dengan teknologi dan kebutuhan pelanggan.

Pada awal berdiri, perusahaan yang memiliki warna biru sebagai ciri khas brand armadanya ini hanya mengoperasikan dua armada. Namun, dia mengatakan perusahaan mampu bertransformasi menjadi salah satu perusahaan terbesar di bidang transportasi penumpang dan jasa pengangkutan darat yang memiliki 15 anak perusahaan serta mengelola sekitar 35,000 armada.

Armada tersebut juga diawaki oleh sekitar lebih dari 40,000 pengemudi dan staf di hampir 20 kota di Indonesia seperti Jakarta, Depok, Tanggerang, Cilegon, Medan, Manado, Bandung, Palembang, Padang, Pangkalpinang, Batam, Bali, Lombok, Semarang, Surabaya, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan, Solo dan Yogyakarta.

Pada 2014, Blue Bird juga meluncurkan taksi khusus bagi penumpang difabel “Blue Bird Lifecare Taxi“ dan layanan taksi reguler dengan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) untuk mengakomodasi kapasitas penumpang dan barang yang lebih besar pada Agustus 2015 lalu.

Untuk memastikan terjaganya kualitas layanan, Blue Bird secara aktif melaksanakan program pelatihan dan pengembangan SDM bagi para pengemudi yang merupakan ujung tombak perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper