Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Renovasi Stadion GBK Dimulai Juli 2016

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dihibahkan tanggungjawab merenovasi stadion Gelora Bung Karno sebagai tempat berlangsungnya Asian Games 2018. Stadion seluas 87 hektar tersebut rencananya akan mulai direkonstruksi dan renovasi pada Juli 2016.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA— Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dihibahkan tanggungjawab merenovasi stadion Gelora Bung Karno sebagai tempat berlangsungnya Asian Games 2018. Stadion seluas 87 hektar tersebut rencananya akan mulai direkonstruksi dan renovasi pada Juli 2016.

"Renovasi itu meliputi 14 venue, di antaranya Stadion Utama GBK," ujar Direktur Penataan Bangunan, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Adjar Prajudi di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Selain itu, venue yang akan direnovasi adalah Tenis Indoor dan Outdoor, Gedung Stadion Madya, Gedung Basket, Lapangan Hoki, Lapangan Panahan, Lapangan Sepakbola A/B/C, Stadion Renang, Istora Senayan, LapanganSoftball Pintu Satu, Lapangan Latihan Bulu Tangkis (Hall ABC), Gedung Bola Voli, Lapangan Softball Cemara III, dan Lapangan Bulu Tangkis.

Anggaran yang diperlukan untuk renovasi GBK, diperkirakan mencapai Rp2 triliun yang diperoleh dari APBN serta dana hibah dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Ia mengatakan, pada rencana awal, renovasi tersebut akan dilakukan secara besar-besaran dengan mengubah seluruh venue menggunakan teknologi yang ada sekarang. Namun karena sebagian bangunan tersebut masuk dalam kategori heritage atau bangunan bersejarah, maka renovasi hanya akan dilakukan secara moderat saja pada ke 14 venue yang ada.

"Dulu awalnya kita maunya membuat kualitas lingkungan kompleks GBK yang baik dengan desain teknologi tahun 2016-2018 namun mengingat waktu terbatas karena harus selesai 2017, maka kita pilih moderat dengan membuat kompleks bangunan seperti pada awal dibangun tahun 1962," sambung dia.

Renovasi moderat yang dimaksud yakni berupa pemugaran dan perbaikan sisi-sisi bangunan yang mulai kusam ditambah pembangunan ornamen baru sehingga tampilan venue-venue tersebut bakal lebih cantik dari sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper