Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perkuat Pasar Ekspor Asean, Semen Tonasa Bangun Packing Plant di Timor Leste

Produsen semen yang berbasis di Sulawesi Selatan merealisasikan pembangunan packing plant di Timor Leste sebagai bagian dari upaya perseroan memperbesar porsi ekspor di regional Asean pada tahun ini.
Semen Tonasa merealisasikan pembangunan packing plant di Timor Leste /ilustrasi
Semen Tonasa merealisasikan pembangunan packing plant di Timor Leste /ilustrasi

Bisnis.com, MAKASSAR - Produsen semen yang berbasis di Sulawesi Selatan merealisasikan pembangunan packing plant di Timor Leste sebagai bagian dari upaya perseroan memperbesar porsi ekspor di regional Asean pada tahun ini.

Menurut Direktur Utama Semen Tonasa, Andi Unggul Attas, ekspansi itu diharapkan mampu mendukung volume penjualan segmen ekspor yang pada tahun ini diharapkan mencapai 400.000 ton.

"Kita akan mengoperasikan packing plant di Timor Leste bekerjasama dengan diatributor lokal di sana, apalagi kita punya segmen pasar yang kuat. Ini dilakukan simultan dengan pengembangan jalur distribusi di domestik," paparnya kepada Bisnis, Selasa (26/1/2016).

Khusus untuk Timor Leste, penjualan Semen Tonasa di negara tersebut secara rerata mencapai 30.000 ton per bulan dengan penyerapan sebagian besar untuk proyek infrastruktur pemerintah setempat.

Secara keseluruhan, pasar ekspor produk Semen Tonasa tidak hanya menyasar negara-negara regional Asean, tetapi pula beberapa negara di kawasan Afrika.

Sementara itu, packing plant yang dimiliki perseroan sebanyak 10 unit yang tersebar di wilayah timur meliputi UPS Makassar, UPS Bitung, UPS Palu, UPS Sorong, UPS Ambon, UPS Samarinda. Kemudian, UPS Celukan Bawang Bali, UPS Banjarmasin, UPS Lapuko kendari dan UPS Mamuju dengan total kapasitas kumulatif mencapai 6,5 juta ton.

Kapasitas terpasang perseroan itu diestimasi mampu memenuhi kebutuhan semen domestik terkhusus di wilayah timur tanpa melakukan ekspansi penambahan pabrik dalam waktu dekat.

Anak usaha dari PT Semen Indonesia Tbk. itu mencatatkan penguasaan pasar di wilayah timur Indonesia hingga sekitar 40% dan merupakan tertinggi dibandingkan dengan produsen semen lain yang menyasar wilayah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper