Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cabai Merah di Pasar Tradisional Rp60.000 Per Kilogram

Seorang warga ibu rumah tangga di Kota Dumai Riau kaget saat mengetahui harga cabai merah yang dijual di pasar tradisional setempat sudah melonjak naik tajam mencapai Rp60.000 per kilogram.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 05 Desember 2015  |  19:55 WIB
Cabai merah - Ilustrasi/Bisnis
Cabai merah - Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, DUMAI --  Seorang warga ibu rumah tangga di Kota Dumai Riau kaget saat mengetahui harga cabai merah yang dijual di pasar tradisional setempat sudah melonjak naik tajam mencapai Rp60.000  per kilogram.

"Sepekan kemarin saat saya belanja ke pasar harganya masih sekitar Rp35.000  hingga Rp40.000, tapi sekarang sudah mencapai Rp60.000 per kilo," kata warga Jalan Said Umar Dumai Yuli, Sabtu.

Kepada dirinya pedagang bahan harian di pasar tradisional Bunda Sri Mersing Dumai mengaku kenaikan harga cabai merah asal Bukit Tinggi Sumatera Barat ini terus terjadi dalam sepekan terakhir dari daerah pengirim.

Pedagang memperkirakan kenaikan harga cabai ini karena kondisi musim penghujan belakangan ini sehingga menyebabkan banjir di persawahan dan membuat gagal panen.

"Sebagian bahan pokok juga sudah mulai naik dan membuat kita harus membatasi belanjaan sesuai kemampuaan keuangan, termasuk cabai merah ini," tambahnya.

Dia mengkuatirkan jika kenaikan ini tidak terkendali hingga akhir tahun nanti, apalagi diketahui ada dua momen perayaan yang bakal tiba, yaitu Natal dan Tahun Baru 2016.

Karena itu dia berharap agar kondisi harga bahan pokok ini bisa dikendalikan pemerintah supaya tidak terlalu melonjak tajam dan mencekik masyarakat ekonomi menengah kebawah.

Pemantauan di pasar, selain cabai merah, sejumlah bahan pokok juga mulai bergerak naik, seperi tomat dari Rp8 ribu jadi Rp12.000  perkilogram, kentang dari Rp9.000  menjadi Rp12.000.

Kemudian, komoditi bawang merah dari sebelumnya berkisar Rp18.000 -- Rp20.000, kini naik Rp2.000 per kilogram, sayuran jenis bayam biasanya dijual Rp1.500 naik menjadi Rp3.000 per ikat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cabai merah

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top