Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASDP Batam Siap Buka Layanan Rute ke Jambi

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry Cabang Batam, Kepulauan Riau, siap membuka pelayaran ke Kuala Tungkal, Provinsi Jambi, untuk meningkatkan ekonomi dua wilayah.
Angkutan sungai dan penyeberangan/Ilustrasi-Antara
Angkutan sungai dan penyeberangan/Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, BATAM - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry Cabang Batam, Kepulauan Riau, siap membuka pelayaran ke Kuala Tungkal, Provinsi Jambi, untuk meningkatkan ekonomi dua wilayah.

"Kami sudah meninjau pelabuhan di sana (Kuala Tungkal). Kondisi saat ini belum selesai dibangun, masih dikebut," kata Kepala PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Batam Endin Juhaendi di Batam di Batam, Kamis (3/12/2015).

Dia berharap pada 2016 pelabuhan tersebut sudah selesai dibangun, sehingga konektivitas dua provinsi melalui pelayaran bisa dibuka.

"Nanti kemungkinan dari Kuala Tungkal, akan melalui Dabo Lingga (Provinsi Kepri) kemudian baru ke Pelabuhan ASDP Telaga Punggur Batam. Begitu juga sebaliknya," kata dia.

Hal tersebut, kata Endin, sesuai dengan rapat antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan Provinsi Kepri di Batam beberapa waktu lalu yang menginginkan ada pelayaran roro (roll on roll off) dari Batam ke Jambi.

Menurut Endin, hal tersebut diharapkan akan mempermudah distribusi barang-barang kebutuhan pokok dari Jambi ke Lingga yang selama ini masih terhambat sehingga harga kebutuhan pokok di Lingga mahal.

"Jika ini terealisasi maka produk pertanian dari Jambi bisa masuk ke Lingga dan Batam. Tentu akan meningkatkan perekonomian, apalagi Lingga dan Batam bukan daerah penghasil," kata Endin.

Saat ini pelayaran kapal roro dari Batam baru melyani penyeberangan ke Dabo Lingga yang berada pada sisi selatan Provinsi Kepri dan berdekatan dengan Jambi dengan frekuensi dua kali sepekan.

Selain ke Dabo Lingga, juga menghubungkan ke Karimun yang terhubung dengan pelayaran ke Buton di Provinsi Riau.

Rute lain adalah Telaga Punggur Batam ke Tanjung Uban di Pulau Bintan dengan frekuensi delapan pelayaran per hari. Sementara dari Tanjungpinang melayani ke Dabo Lingga dan Karimun satu kali sepekan.

Pemerintah Provinsi Kepri sebelumnya juga meminta PT ASDP membuka pelayaran ke Natuna dan Anambas, namun hingga saat ini belum terealisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper