Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tokopedia Roadshow ke Makassar

Tokopedia hadir di Makassar, kota kedelapan yang disambangi dalam rangka roadshow 10 kota untuk kembali menggelar talk show yang bertajuk Ciptakan Peluangmu.
Belanja online di Tokopedia/tokopedia.com
Belanja online di Tokopedia/tokopedia.com

Bisnis.com, JAKARTA—Tokopedia hadir di Makassar, kota kedelapan yang disambangi dalam rangka roadshow 10 kota untuk kembali menggelar talk show yang bertajuk Ciptakan Peluangmu.

Public Relations Executive Tokopedia Siti Fauziah membawa stand up comedian Arie Kriting dan dua Inspiring Seller Tokopedia, yaitu Fahrudin dan Nurul. Pada tahun 2012, Fahrudin, mantan cleaning service yang saat ini sukses menjadi juragan mainan.

Selain Fahrudin, ada seorang mantan akuntan yang kini sukses berjualan berbagai macam produk kerajinan tangan secara online, yaitu Nurul. Bisnis Nurul berawal dari hobi.

 “Per November 2015, Fahrudin telah berhasil menjual lebih dari 78.000 produk dan Nurul saat ini penghasilannya telah mencapai puluhan juta per bulan,” paparnya dalam siaran pers, Jumat (27/11).

Fahrudin mengungkapkan masih menjalani profesinya sebagai cleaning service memutuskan untuk mempelajari internet marketing dari berbagai sumber, lalu mulai berjualan mainan secara online sebagai pekerjaan sampingan demi membuat keluarga kecilnya hidup lebih layak. Setelah satu tahun berjalan, penghasilan dari berjualan online ternyata jauh lebih baik dibandingkan dengan bekerja sebagai cleaning service.

Akhirnya pada tahun 2013, lanjutnya, Fahrudin memutuskan untuk fokus membesarkan bisnis online-nya.

“Situasi dunia bisnis online dari hari ke hari semakin berkembang. Bayangkan, saya pernah menerima pesanan untuk produk yang harganya Rp. 450. Ongkos kirimnya tentu lebih mahal dibandingkan harga barangnya sendiri. Ini membuktikan bahwa bisnis online punya masa depan cerah, tidak ada lagi orang yang ragu belanja online,” terang Fahrudin.

Saat ini, dirinya telah membuktikan bahwa siapapun bisa menciptakan peluangnya. Dengan membuka toko online “Juragan Mainan” (www.tokopedia.com/mainan-murah), dia bahkan telah menciptakan lapangan pekerjaan bagi beberapa orang temannya.

“Walaupun hanya mulai dari toko kecil, kami punya mimpi besar. Bagi saya, pencapaian itu bukan hanya tentang materi, tetapi bagaimana saya bisa menciptakan peluang saya sendiri dan bahkan membantu teman-teman saya dalam menciptakan peluang mereka,” ujar Fahrudin.

Sebagai ibu rumah tangga, Nurul mengatakan memiliki banyak waktu luang. Biasanya untuk mengisi waktu luang itu dirinya menjalankan hobinya, yaitu membuat pernak-pernik dari kain perca. Seiring berjalannya waktu, pernak-pernik itu menumpuk berkardus-kardus.

Melihat tumpukan yang semakin tinggi, suami Nurul menyarankan agar pernak-pernik tersebut dijual secara online karena selain tidak membutuhkan biaya sewa toko, berjualan online tidak menyita waktu dan tenaga yang berarti. Saran tersebut akhirnya ditindaklanjuti oleh Nurul dan membuka sebuah toko online, Kameha Shop (www.tokopedia.com/kamehashop).

 “Kita harus sabar, inovatif dan jangan pelit berbagi ilmu dengan orang lain,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper