Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KKR dan Chernin Group Bentuk Usaha Patungan Emerald Media

Firma investasi global KKR dan Grup Chernin, LLC, menjalin kemitraan multiaspek termasuk pembentukan Emerald Media satu wadah baru investasi dana-- yang akan memanfaatkan peluang di industri media dan hiburan yang sedang berkembang pesat di Asia.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Firma investasi global KKR dan Grup Chernin, LLC, menjalin  kemitraan multiaspek termasuk pembentukan Emerald Media – satu wadah baru investasi dana-- yang akan memanfaatkan peluang di industri media dan hiburan yang sedang berkembang pesat di Asia.

KKR telah berkomitmen untuk memberikan dana platform sebesar US$300 juta ke Emerald Media yang berasal dari KKR Asia Fund II dan Grup Chernin akan bergabung sebagai mitra investor minoritas. KKR juga  memperoleh saham minoritas yang signifikan di CA Media –portofolio media Asia dari Grup Chernin yang sudah ada saat ini.

Rajesh Kamat dan Paul Aiello,  pelaku industri kawakan,  secara bersama-sama akan mengepalai Emerald Media dan mereka akan didukung oleh tim operasional berpengalaman. Emerald Media akan berkantor di Mumbai, Hong Kong dan Singapura. Rajesh dan Paul akan tetap mengelola platform CA Media yang ada di India (Endemol Shine India, Graphic
India, Fluence, dan Only Much Louder) dan yang ada di Indonesia.

Rajesh Kamat dan Paul Aiello memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di industri media dan hiburan di Asia. Mereka memiliki perpaduan yang unik antara ketajaman naluri di bidang operasional dan investasi untuk pendekatan bisnis mereka.

Paul saat ini menjabat sebagai Grup CEO dari CA Media. Sebelumnya, beliau pernah menjabat sebagai CEO Star TV Asia milik News Corp, dan Kepala TMT investment banking di Morgan Stanley Asia.  Rajesh saat ini menjabat sebagai Grup COO dari CA Media dan sebelumnya menjabat sebagai COO Grup Viacom 18 dan CEO Colors.

Fokus utama Emerald Media adalah menyediakan dana pertumbuhan berkisar dari US$15juta – US$75 juta, baik untuk posisi pengendali maupun minoritas yang signifikan di perusahaan media, hiburan atau media digital di Asia.

Joseph Y. Bar, Anggota KKR & Managing Partner KKR Asia, mengatakan kelompok kelas menengah yang terus berkembang di Asia memanfaatkan pendapatan lebihnya untuk konektivitas internet, tetapi industrinya sendiri sangat terfragmentasi.

Sanjay Nayar, Anggota KKR & CEO KKR India, menambahkan, “Industri media, hiburan dan digital media di berbagai kawasan di Asia, khususnya India, menikmati banyak fundamental makro penting yang mencerminkan pertumbuhan sektor konsumsi di kawasan ini. Industri ini merupakan industri yang terfragmentasi dan kami senang dapat bekerja sama dengan pelaku industri kawakan untuk mengindentifikasi generasi berikutnya dari perusahaan media dan hiburan yang dapat kami dukung dan bermitra.”

Peter Chernin, Chairman & CEO Grup Cernin mengatakan kemitraan ini memberikan  TCG (Grup Chernin) dan investornya di CA media kesempatan yang unik untuk bekerja dengan tim manajemen terbaik di kelasnya dan investor global terkemuka di KKR di Asia.

“Sektor media dan hiburan sedang berada di puncak fase pertumbuhan yang kuat – didorong oleh konvergensi media, lingkungan investasi yang menarik, dan meningkatnya pengeluaran lebih. Dengan berbagai elemen untuk pertumbuhan yang sudah ada, ini berarti ada kesempatan signifikan untuk membentuk portofolio aset yang berbeda di sektor ini, yang dibangun di atas pencapaian kami dan kerja bersama CA Media dan  Grup Chernin,” ungkap Rajesh Kamat.

Paul Aiello melanjutkan, “Industri media di Asia terus berkembang dan mengalami perubahan transformasional yang didorong oleh digitalisasi dan pertumbuhan internet serta penetrasi perangkat mobile sehingga Emerald Media akan berinvestasi di berbagai medium, demografis, dan model pendapatan untuk terus pendorong transformasi tersebut.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper