Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR Desak Pemprov Riau Percepat Proyek Tol Pekanbaru–Dumai

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta pemerintah provinsi Riau untuk segera memulai pengerjaan proyek tol Pekanbaru Dumai karena telah cukup lama terkatung-katung.
Proyek pengerjaan jalan tol./Bisnis
Proyek pengerjaan jalan tol./Bisnis

Bisnis.com, PEKANBARU – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta pemerintah provinsi Riau untuk segera memulai pengerjaan proyek tol Pekanbaru – Dumai karena telah cukup lama terkatung-katung.

Wakil Ketua Komisi XI Bidang Keuangan DPR RI Jon Erizal mengatakan saat ini pembebasan lahan tol masih berada pada posisi sama yaitu sekitar 7 kilometer.

“Kami sudah sering bertemu dengan Pelaksana Tugas Gubernur Riau, supaya pengerjaan proyek tol ini digesa. Harapannya pembebasan lahan bisa naik sampai 24 kilometer dan segera ground breaking,” katanya kepada Bisnis, Rabu (11/11/2015).

Jon yang juga anggota legislatif asal Riau ini mengatakan bila pemerintah daerah sudah memulai pengerjaan proyek tersebut, tentu akan lebih mudah untuk melanjutkan pekerjaan tersebut bila dibandingkan belum dimulai sama sekali.

Pihaknya sebagai pemegang anggaran dan fungsi budgeting di bidang keuangan DPR juga telah menyetujui penyertaan modal negara (PMN) pada proyek infrastruktur tersebut.

Dengan upaya itu pihaknya berharap pembangunan infrastruktur khususnya jalan tol di kawasan Pekanbaru–Dumai akan mendatangkan manfaat bagi daerah dan tentunya menggerakkan ekonomi setempat.

“Pembangunan yang dilakukan pemerintah hingga ke daerah-daerah termasuk di Riau memang bertujuan untuk itu, jadi ya kami sangat berharap pemprov bisa segera merelisasikan pengerjaan proyek tol ini,” katanya.

Sebelumnya Pemprov Riau telah mengupayakan pertambahan pembebasan lahan tetapi masih terkendala akibat belum disahkannya rencana tata ruang (RTRW) oleh pemerintah pusat.

“Memang pemprov sudah coba menggesa supaya pembebasan lahan tol ini dipercepat, tetapi kendala utama yang dihadapi saat ini belum disahkannya RTRW,” kata Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyadjulandi Rachman beberapa waktu lalu.

Adapun proyek jalan tol Pekanbaru – Dumai dengan panjang sekitar 135 kilometer tersebut akan melewati beberapa kabupaten Riau seperti Kota Dumai, Duri Kabupaten Bengkalis, Kandis dan Minas Kabupaten Siak, hingga Kota Pekanbaru.

Dari data terakhir pemprov, panjang lahan yang telah dibebaskan hingga saat ini mencapai 7,7 kilometer dari seluruh total panjang lahan proyek tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper