Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menentukan Letak Pintu Utama dengan Feng Shui

Merancang interior sebuah ruang dan penataan furnitur ternyata tidak hanya fokus soal keindahan saja. Namun, mengubah tata letak furnitur dan menentukan desain interior yang tepat dapat meningkatkan suasana hati.
Fungsi pintu rumah yang bagus adalah pintu yang mengakses QI (dibaca chi) untuk masuk ke dalam rumah. /Bisnis.com
Fungsi pintu rumah yang bagus adalah pintu yang mengakses QI (dibaca chi) untuk masuk ke dalam rumah. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Merancang interior sebuah ruang dan penataan furnitur ternyata tidak hanya fokus soal keindahan saja. Namun, mengubah tata letak furnitur dan menentukan desain interior yang tepat dapat meningkatkan suasana hati.

Demikian juga dalam Feng shui yang mengajarkan cara menciptakan lingkungan yang memiliki energi terbaik untuk mendukung aktivitas di dalam ruangan. Salah satunya melalui penataan letak pintu utama dalam sebuah rumah.

Arsitek dan ahli Feng Shui Sidhi Wiguna Teh menuturkan perlu melakukan perhitungan tertentu dalam menentukan arah pintu utama sehingga mendapatkan memiliki energi terbaik. Para ahli Feng Shui biasanya melakukan perhitungan yang disesuaikan dengan karakter personal penghuni yang didapatkan melalui tanggal lahir.

Setelah itu, diperlukan data mengenai bentuk bangunannya termasuk arah hadap bangunan atau orientasi bangunan, yang dengan menggunakan Luo Pan atau kompas Feng shui.

Para ahli akan melakukan perhitungan yang mendetail setelah mendapatkan data tersebut. Perhitungan ini akan menghasilkan rekomendasi letak dan arah hadap pintu utama rumah.

Selanjutnya, pemilik rumah akan direkomendasikan ukuran pintu utama yang sudah disesuaikan dengan perhitungan ilmu feng shui. Yang perlu diperhatikan dalam peletakan pintu utama yakni perhitungan pola manusianya dan perhitungan pola bangunannya. "Kemudian tugas konsultan feng shui adalah menyelaraskan penghuni dengan bangunannya,” katanya.

Sidhi menganalogikan pintu utama sebuah rumah itu seperti mulut. Manusia menginginkan makanan lezat dan bergizi masuk melalui mulut dan gizinya terserap melalui sistem metabolisme tubuh.

Sementara itu, ampas dari makanan tersebut dibuang melalui saluran pembuangan. Jika makanan keluar melalui mulut sebagai tempat yang tidak semestinya, maka tidak akan nyaman.

Begitu juga apabila makanan yang masuk mengandung bakteri maka dapat menyebabkan sakit perut. Sama halnya jika setelah makan, tetapi ampas tidak dikeluarkan untuk beberapa hari dapat menyebabkan jatuh sakit.

Dia menjelaskan fungsi pintu rumah yang bagus adalah pintu yang mengakses QI (dibaca chi) untuk masuk ke dalam rumah, karena akan diserap oleh penghuninya. Sedangkan, QI yang jelek akan dibuang melalui ruang toilet, mengeluarkan, menyiram dan membersihkan diri di ruang ini.

Apabila toilet salah letak sehingga terletak di sektor bagus kepala keluarga, maka ini seperti makanan yang keluar pada jalur yang salah. Begitu juga bila pintu utama salah letak sehingga mengakses QI jelek, maka ini seperti memakan makanan yang berbakteri yang dapat menyebabkan sakit.

Sidhi mengatakan warna dan material yang bagus untuk pintu adalah apabila terjadi keselarasan antar unsur-unsur tersebut. Dia mencontohkan rumah yang menghadap arah Timur memiliki unsur kayu. Oleh karena itu, pintu berbahan kayu sangat cocok jika berwarna hijau, biru, atau hitam.

Penghuni rumah selain memilih ukuran besar untuk pintu utama, juga memilih daun pintu yang berbentuk swing yang mengarah ke dalam rumah.

“Sebuah penataan yang memberi kesan bagus, tetapi membuat atau memberikan efek negatif bagi penghuni maka penataan tersebut disebut gagal secara Feng Shui. Desain harus sesuai dan memberi manfaat bagi penghuni. Bukan sebaliknya. Penghuni adalah subjek desain, bukan objek desain. Sementara itu, buat kami, bangunan atau produk desain bukan subjek tetapi adalah objek,” katanya.

Menentukan Letak Pintu Utama dengan Feng Shui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper