Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daya Beli Menguat, NTP Petani Banten Naik 0,06%

Nilai tukar petani (NTP) di Provinsi Banten pada Juli 2015 meninggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya ke level 103,22.
Ilustrasi/Bisnis-Muhamad Hilman
Ilustrasi/Bisnis-Muhamad Hilman

Bisnis.com, TANGERANG—Nilai tukar petani (NTP) di Provinsi Banten pada Juli 2015 meninggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya ke level 103,22.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Banten Syech Suhaimi menjelaskan berdasarkan pemantauan terhadap harga perdesaan di beberapa kabupaten di Banten pada bulan lalu diketahui NTP naik 0,06%.

“Kenaikan itu disebabkan laju kenaikan indeks harga yang diterima petani lebih cepat daripada laju kenaikan indeks harga yang dibayar petani,” ucapnya, Rabu (19/8/2015).

Kenaikan indeks harga diterima lebih tinggi daripada harga dibayar dapat mengindikasikan perbaikan daya beli petani di banten.

Indeks harga yang diterima (It) pada Juli tercatat 122,33 menunjukkan kenaikan 0,92% terhadap  Juni, sedangkan indeks harga yang dibayar (Ib) 118,44 setara dengan laju 0,85%.

It menunjukkan fluktuasi harga beragam komoditas pertanian yang dihasilkan petani.

Kenaikan It pada Juli terpengaruh peningkatan It empat subsektor, yakni tanaman pangan 1,26%, tanaman perkebunan rakyat 0,59%, peternakan 1,75%, dan perikanan 0,65%.

Sementara realisasi Ib bulan lalu menunjukkan pergerakan harga barang dan jasa yang dikonsumsi masyarakat perdesaan beserta fluktuasi harga barang dan jasa untuk memproduksi hasil pertanian.

Peningkatan Ib Juli disebabkan indeks konsumsi rumah tangga maupun BPPBM (biaya produksi dan penambahan barang modal) seluruhnya naik.

Dilihat dari pembagian sektor, laju NTP pada bulan ketujuh terdorong peningkatan NTP tiga subsektor.

Suhaimi menyebutkan subsektor perternakan naik 1,13%, tanaman pangan 0,30%, dan perikanan 0,05%.

“Tapi kenaikan NTP ini jadi tidak terlalu besar karena subsektor hortikultura turun sampai 0,99%, tanaman perkebunan rakyat juga susut 0,26%,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper